Tingkatkan Kapasitas Pengawasan Panwascam, Bawaslu Bolmut Gelar Bimtek

0
30

TNews, BOLMUT– Menghadapi Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubnenur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), terus meningkatkan kapasitas personilnya dengan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek).

Bimtek yang digelar di Wakop  Basudara Desa Boroko Kecamatan Kaidipang, Senin (10/08)2020), dibuka langsung Komisioner Bawaslu Bolmut Misrawati Pakaya, S.Sos, didampigi Komisioner Bawaslu Bolmut, Ben Henser Enok SE, dan dihadiri  Ketua dan Anggota Pengawas Pemilihan Kecamatan (Pawascam) di enam Kecamatan Kabupaten Bolmut.

Komisioner Bawaslu Bolmut  Misrawati Pakaya, S.Sos, dalam sambutanya menyampaikan, dalam situasi pandemi Covid 19 ini, kita jangan hanya terfokus pada upaya pencegahan covid 19 saja, namun harus memperhatikan juga kualitas demokrasi pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di tahun 2020 ini.

“Saya meminta kepada seluruh Panwascam untuk terus meningkatkan Pengawasan”ujar Misrawati, yang juga Kordinator Devisi SDM Bawaslu Bolmut.

Disampaikannya juga  setidaknya setiap Panwascam memiliki  kompetensi  dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya sebagai Pengawas Pilgub Sulut tahun 2020 ditingkat kecamatan.

” Kompetensi yang harus dimiliki oleh Panwascam itu diantaranya, Panwascam harus memiliki kemampuan menyampaikan informasi – informasi,  Panwascam harus mampu mengelola tugas, Panwascam harus berintegritas, Panwascam harus memiliki kompetensi kerja bersih,”ungkapnya.

Ditambahkan Misrawati, dirinya berpesan agar masing – masing Panwascam bisa memanfaatkan bimbingan teknis ini untuk meningkatkan wawasan sehingga mampu melaksanakan tugas serta fungsi sebagai pengawas pemilu.

”  Kegiatan yang diselenggarakan ini guna meningkatkan kapasistas dan menjadi sangat penting  agar nantinya dapat mengoptimalkan pelaksanaaan tugas pokok , fungsi dan wewenang dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulut 2020,”pungkasnya.

Bimtek dalam rangka peningkatan kapasitas pengawas pemilu ini, menghadirkan Komisioner KPU Bolmut Rita Darondo, sebagai narasumber.

Uphik Mando

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.