WTP 5 Kali Berturut-Turut, Kabupaten Bolmut Dapat Penghargaan Dari Kemenkeu RI

  • Whatsapp

TNews, BOLMUT  — Kabupaten Bolaang Mongodow Utara (Bolmut), dibawah kepemimpinan Bupati Drs.Hi.Depri Pontoh, dan Wakil Bupati Drs. Amin Lasena, M.AP, kembali mengukir prestasi, dengan meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan Repoblik Indonesia (Kemenkeu RI), karena berhasil meraih opini Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima tahun berturut-turut.

Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati didampingi Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu Marwanto Harjowiryono, dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021, yang digelar melalui Video Conference (Vicon) dan diikuti oleh  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolmut DR.Drs.Hi. Asripan Nani, M.Si,  bertempat di ruang rapat Bupati Bolmut, Selasa (14/09/2021).

Bacaan Lainnya

Rakernas yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI ini, dibuka langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan mengangkat tema bangkitkan ekonomi, pulihkan negeri, bersama hadapi pandemi.

“Tema tersebut dimaksudkan kepada seluruh jajaran, baik itu di kementerian, lembaga, baik itu di pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk bisa membangkitkan dan memulihkan perekonomian di tengah pandemi,” ucap Menkeu Sri Mulyani.

Menkeu Sri Mulyani mengatakan kegiatan rakernas ini merupakan agenda strategis tahunan yang menjadi ajang bergengsi bagi para penyelenggara negara.

“Sebagai upaya berkesinambungan yang sinergis dalam komitmen terkait akutansi dan pelaporan keuangan pemerintah dan juga sebagai ajang dalam pemberian penghargaan predikat opini WTP terhadap penyelenggara negara tahun 2021,”kata Menkeu Sri Mulyani.

Selaras dengan itu,  Sekda Kabupaten Bolmut DR.Drs.Hi.Asripan Nani, M.Si,  menyampaikan Kabupaten Bolmut sendiri, sampai saat ini telah memperoleh penghargaan WTP lima kali berturut-turut.

“Alhamdulillah Kabupaten Bolmut, telah dapat mempertahankan prestasi predikat Opini WTP, selama lima kali  berturut-turut atas Laporan LKPD. Sehingga dalam Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2021, Kabupaten Bolmut, mendapat penghargaan WTP 5 kali berturut turut dari Kementerian Keuangan RI,”kata Sekda Bolmut.

Sekda Bolmut juga  mengungkapkan, kegembiraan dan rasa syukur atas pencapaian ini.

“Dengan raihan opini WTP ini saya berharap dan yakin dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah khususnya dan penyelenggaraan pemerintahan pada umumnya sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan masyarakat,”ungkap Sekda Bolmut.

Ditambahkan Sekda Bolmut, hal ini tidak lepas dari kerja keras semua pihak yang membantu Pemkab Bolmut, sehingga berhasil menorehkan prestasi sebagai  Kabupaten di Sulawesi Utara (Sulut) meraih penghargaan tersebut.

“Terimakasih juga kepada BPK RI Perwakilan Sulut yang terus membantu Pemkab Bolmut, dengan memberikan pelatihan tentang tata kelola keuangan yang baik,” pungkas Sekda Bolmut, yang dalam kesempatan itu didampingi Asisten Admistrasi Umum Uteng Datungsolang S.Pd, M,Si, serta Pimpinan OPD terkait usai mengikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021.

Uphik Mando

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.