11 Sekolah di Bolsel Terapkan K-13

0
134
11 Sekolah di Bolsel Terapkan K-13
Rante Hattani
TOTABUANEWS, BOLSEL  Sebanyak 11 Sekolah di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) tahun ajaran baru 2016 ini mengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan menerapkan kurikulum 13 (K-13). 11 sekolah yang mendapat giliran pertama menerapkan kurikulum baru ini terdiri dari SD, SMP dam SMA. Target, 2019 semua sekolah sudah menggunakan K-13.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Bolsel, Ramli Abdul Madjid melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas), Rante Hattani saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Dituturkannya,  dari 25 SMP, berdasarkan data pokok tenaga pendidikan dan kependidikan (Dapodik) Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) memilih SMP Negeri Bolaang Uki, SMP Negeri Kombot dan SMP Momalia untuk mulai melakukan pelatihan guru persiapan penerapan K-13.
“Pelatihan guru SMP saat ini sedang berlangsung. Sedangkan tingkat SD ada yang sudah selasai pelatihan ada juga yang sedang melaksanakan,” tutur Rante.
Lanjutnya, pelatihan yang diikuti para guru saat ini, merupakan pelatihan nasional dari Kemendikbud, kemudian para guru akan mengikuti pelatihan provinsi dan LPMP.
“Mereka (guru) juga akan mendapat pelatihan dari daerah,” imbuhnya.
Dijelaskannya, semua sekolah di Bolsel akan menerapkan K-13. Hanya saja penerapannya bertahap hingga tahun 2019 mendatang.
“Penerapan kurikulum 13 dilakukan bertahap. Kemendikbud menargetkan tahun 2019 semua sekolah di Indonesia sudah merapakan kurikulum 13,” terangnya.
Sementara itu, Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen), Iswan Lupujo menjelaskan hal serupa.
“Untuk SMA, dari enam sekolah SMA negeri Bolaang Uki dan SMA Negeri Pinolosian yang akan menerapkan kurikulum tiga belas,” ungkapnya.
Raldy D

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.