Bupati Iskandar Kamaru : Pahami Bedanya ODP, PDP, Suspect dan Positif Virus Corona

0
247
Loading...

TNews, BOLSEL – Masih banyaknya masyarakat yang belum paham istilah dalam status Coronavirus disease 2019 (Covid-19), membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) memberikan pemahaman terkait istilah-istilah tersebut.

Menurut Bupati Bolsel Hi Iskandar Kamaru SPt, Ada empat tingkatan status sebelum seorang pasien dinyatakan positif Covid-19 yakni ODP, PDP, SUSPECT dan POSITIF. “Status Pertama Orang Dalam Pemantauan (ODP), yaitu orang belum menunjukkan gejala sakit. Mereka sempat berpergian ke negara atau tempat episentrum corona atau sempat melakukan kontak dengan orang yang diduga positif covid-19,”ungkap Bupati.

Bupati melanjutkan, status Kedua yaitu Pasien Dalam Pengawasan (PDP),
merupakan orang yang sudah menunjukkan gejala seperti batuk, demam, pilek dan sesak nafas. “PDP harus diperlakukan khusus karena sudah dapat dikategorikan menjadi pasien,”ungkapnya.

Bupati menjelaskan, fase ketiga yakni Suspect atau orang yang sudah menunjukkan gejala terjangkit dan sudah diduga kuat melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19. “Pasien harus menjalani pemeriksaan intensif dan dilakukan pengujian terhadap spesimennya,”imbuhnya.

“Status Keempat Positif dimana Pasien yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil laboratorium,”tambahnya.

Bupati berharap, masyarakat di Bolsel dapat memahami penjelasan terkait tingkatan status dalam Covid-19. “Jaga kesehatan selalu, Jangan panik tapi tetap waspada,”tutupnya

 

Gie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.