Masih Zona Hijau, Bolsel Tetap Laksanakan Shalat Jumat

0
173
Aldy Setiawan Gobel
Loading...

TNews, BOLSEL – Mengacu pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 14 Tahun 2020 Tanggal 21 Rajab 144 H./16 Maret 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi terjadi Wabah Covid-19 dan Keterangan dari Komisi Fatwa MUI Sulawesi Utara (Sulut) tanggal 26 Maret 2020, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) masih bisa menggelar shalat Jumat berjamaah dikarenakan Bolsel masih dalam zona hijau.

Hal itu diungkapkan  Juru Bicara Pemerintah Daerah (Pemda) Aldy Setiawan Gobel mengatakan, berdasarkan hasil konsultasi dengan MUI Sulut, Bolsel masih dapat melaksanakan shalat jumat berjamaah dikarenakan masih masuk zona hijau dalam tingkat kerawanan pandemi covid-19. “Namun harus sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan,”ungkap Aldy, Kamis (26/03/2020).

Aldy Menjelaskan, berdasarkan himbauan serta protokol keadaan khusus yang ada dalam melaksanakan shalat jumat, maka shaf-shaf sebisanya dilakukan dengan menjaga jarak antara satu jamaah dengan jamaah lainnya. “Bisa juga shaf dirapatkan sesuai keadaan keamanan dan kerawanan daerah masing-masing,”jelas Aldy.

“Didalam melaksanakan Shalat Jumat, khatib dan Imam juga diharapkan meringkas khutbah dan bacaannya dengan memilih surat-surat yang pendek sehingga durasi pertemuan antar jamaah tidak terlalu lama,”imbuhnya

Lanjut Aldy, agar sebelum dilaksankan shalat jumat,  Pengurus Masjid mengadakan pembersihan Masjid dengan menyemprotkan disinfektan dan menggulung semua karpet yang berada di dalam Masjid, Mushalla dan tidak digunakan saat Shalat Jumat. “ Diharuskan juga agar sebelum mengadakan Shalat Jumat dilaksanakan pengukuran suhu tubuh setiap jamaah yang akan melaksankan Shalat, serta menyeprotkan disinfektan,”ungkap Aldy

“Jika ada jamaah yang sakit serta memiliki suhu tubuh di atas 37 derajat celcius, maka harus dipulangkan,”imbuhnya.

Aldy juga menambahkan, agar  Jamaah yang akan melaksanakan sholat jumat, agar membawa sendiri peralatan shalat atau sajadah masing-masing dari rumah. “Mari kita senantiasa menjaga kesehatan masing-masing dan selalu patuh mengikuti perintah dan petunjuk dari Pemerintah dalam penanggulangan Covid-19,”tutup Aldy.

 

Gie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.