Momentum Sumpah Pemuda, Pjs Bupati Bolsel Praseno Hadi Ajak Jiwa Muda Peduli Negara

0
72

TNews, BOLSEL – Momentum hari sumpah memuda, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Dr Hi Praseno Hadi MM Ak mengajak para Pemuda untuk membangkitkan rasa kepeduliannya terhadap negara.

“Jadikan momentum sumpah pemuda ini mengembalikan rasa kepedulian kita terhadap negara, negara membutuhkan jiwa muda untuk Maju,”Ungkap Praseno, saat menghadiri kegiatan baksos donor darah PMI Bolsel.

Dikatakan Praseno, Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober merupakan momentum untuk memberikan perhatian dan mendorong para pemuda untuk melakukan aktivitas positif dan produktif sebagai kontribusi pada kemajuan bangsa dan negara.

“Sejak zaman prakemerdekaan, pemuda memiliki peran sebagai agen perubahan. Pemuda menjadi pelaku sejarah dari peristiwa-peristiwa penting yang dialami bangsa ini,”Kata Praseno.

Lanjut Praseno, Dalam setiap pergantian masa dan perubahan zaman, pemuda menjadi sosok yang mampu menginspirasi dan mengiringi proses transisi yang terjadi. Perjalanan panjang bangsa ini terbentuk melalui semangat dan pengorbanan para pemuda pejuang bangsa, “Berdasarkan Pasal 1 Angka 1 UU no.40 tahun 2009 tentang Kepemudaan, pemuda adalah warga negara Indonesia yang memiliki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 tahun sampai 30 tahun. “tuturnya.

Dimana Menurut Praseno, sejak tahun 1908 para pemuda telah berperan menjadi penggagas dan perintis kemerdekaan dengan mendirikan organisasi Budi Utomo yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia. Berlanjut pada tahun 1928 dengan digelarnya kongres pemuda kedua dan diakhiri oleh ikrar sumpah pemuda.

” Karena peran pemuda yang konsisten dari masa ke masa, maka pemuda memiliki eksistensi dan legitimasi serta menjadi tumpuan harapan masyarakat.”tuturnya

Praseno berharap, agar peran pemuda sebagai agen perubahan, kontrol sosial dan kekuatan moral, kapasitas dan kualitas pemuda dapat dikembangkan sebagai penentu masa depan bangsa. “Pemuda pengemban misi dalam meningkatkan harkat dan martabat bangsa,”tandasnya.

 

Gie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.