Penuh Berkah, Bupati Bolsel Terima Penghargaan Swasti Saba

0
53
Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, SPt

TNews, BOLSEL – Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menerima penghargaan Swasti Saba untuk Kabupaten/Kota sehat (KKS) Tahun 2019. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, di Kantor Kemendagri Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolsel, dr Sadly Mokodongan, Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru Spt menerima langsung penghargaan tersebut.

Tujuan  program KKS adalah untuk tercapainya kondisi kabupaten/kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat.

“Alhamdulillah Bolsel masuk Kabupaten Sehat tahun 2019. Ini bagian wujud dan dukungan dari masyarakat Bolsel,” ujar Bupati usai menerima penghargaan.

Lebih lanjut, top eksekutif Bolsel tersebut mengatakan, penghargaan  tersebut bukanlah sebuah lomba melainkan apresiasi pemerinta pusat pada pemerintah daerah yang sudah menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005. Penyelenggaraan Program KKS melibatkan banyak lintas sektor dan lintas program melalui Tatanan dalam KKS.

Ada 7 tatanan KKS, yaitu Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum; Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi; Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat; Kawasan Pariwisata Sehat; Kawasan Pangan dan Gizi; Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri; serta Kehidupan Sosial yang Sehat

Setiap tahun genap, dilakukan verifikasi KKS tingkat provinsi. Sementara penghargaannya diberikan setiap tahun ganjil.

“Penghargaan diberikan atas upaya yang dilakukan daerah selama 2 tahun terakhir di setiap periode pemberian penghargaan dan diberikan dalam rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN),” jelas Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes Imran Agus Nurali.

Diketahui, penghargaan tersebut diberikan kepada 6 Gubernur dan 177 Bupati dan Walikota serta 3 orang motivator dari tim pembina yang aktif mengkoordinasikan dan membina seluruh forum Kabupaten/Kota di wilayah provinsinya untuk menyelenggarakan kabupaten/kota sehat.

 

Gie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.