Batu Besar Nyaris Porak Poranda Rumah Warga

0
68
Batu Besar Nyaris Porak Poranda Rumah Warga
Rumah warga yang nyaris di hantam batu di Desa Kotabunan Selatan, kemarin

TOTABUANEWS, BOLTIM –  Longsoran sebuah batu besar nyaris menghantam rumah milik Tomi Kodu dan Ambulang Sarundajang di Desa Kotabunan Selatan, Kecamatan Kotabunan, Bolaang Mongondow Timur, Selasa (1/8) kemarin. Peristiwa yang terjadi sekira pukul 10.00 wita itu sontak membuat gempar warga sekitar. Beruntungnya kejadian tersebut tak ada korban jiwa.

Kapolsek Kotabunan Kompol Meidy Wowiling mengatakan, batu besar yang longsor itu untungnya tidak menghantam rumah. Jarak rumah dengan batu longsor tinggal sejengkal.”Rumah itu nyaris hancur. Tinggal sejengkal jarkanyanya batu itu menghantam rumah itu,” sebutnya.

Diungkapkanya, guna mengantisipasi longsor susulan, Pemkab Boltim, Polsek Kotabunan, Koramil Kotabunaan, dan Pemerintah Kecamatan bersepakat agar sejumlah rumah yang berada dekat dengan wilayah rawan longor mengungsi di tempat yang lebih aman. “Ada 5 rumah di kawasan rawan longsor itu. Mereka harus pindah. Ini upaya antisipasi kami agar tidak terjadi korban jiwa,” ungkpanya.

Senada dikatakan Camat Kotabunan, Rahman Hulalata, sesuai petunjuk Bupati Sehan Landjar pihaknya akan menyiapkan lahan untuk merelokasi rumah 5 Kepala Keluarga itu di tempat yang aman.”Pak Bupati perintahkan, 5 KK itu harus pindah rumah. Lahan relokasi di Desa Kotabunan Selatan juga. Lahanya aman dari longosr,” katanya.

Sementara Itu, Bupati Boltim Sehan Landjar,  langsung mengunjungi lokasi longsor tersebut. Ia pun mengumpulkan jajaranya dan TNI-Polri mencari solusi penangan bencana longosor itu. Ia pun memerintahkan instansi terkait agar membersihkan material longsoran yang menutupi jalan. Ia juga mengimbau kepada warga sekitar agar senantiasa waspada akan longsor susulan. Tak hanya itu, saat itu juga ia menghubungi BPJN Sulut sebagai intansi yang paling bertanggung jawab agar segera turun ke lokasi longsor memperbaiki jalan dan membantu Pemkab Boltim mengantisipasi longsor itu.”Besok hari ini, BPJN Sulut akan datang ke sini (lokasi) longsor. Ia juga meminta jalan di Boltim di bawah tanggung jawab BPJN harus segera di perbaiki,” katanya.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.