Bawaslu Pastikan Hak Pilih Warga di Wilayah Pesisir Boltim

0
30
Gambar : Anggota Bawaslu Boltim, Trisno Mais bersama jajarannya melakukan Patroli Pengawasan Hak Pilih di wilayah Kecamatan Motongtad, (30/10/2023) (Dok: Humas Bawaslu Boltim).

TNews, BOLTIM – Anggota Bawaslu Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara (Sulut), Trisno Mais, S.AP., MSi melakukan pengawasan melekat terkait daftar pemilih tambahan (DPTb) di wilayah pesisir. Trisno memastikan supaya warga negara bisa menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024 mendatang.

Adapun kegiatan Patroli Pengawasan Hak Pilih dilaksanakan pada Senin (30/10/2023), di Desa Jiko Utara dan Jiko Induk Kecamatan Motongtad, Boltim. Kegiatan tersebut turut diikuti oleh seluruh Panwaslu Kecamatan Motongtad dan Panwas Kelurahan Desa (PKD) di dua desa tersebut.

“Saya turun langsung bersama dengan jajaran untuk mengecek progres DPTb di desa,” kata Trisno saat dikonfirmasi, Senin (30/10/2023).

Trisno menjelaskan patroli pengawasan hak pilih merupakan bagian penting yang perlu jajarannya tindak lanjut. Pasalnya data pemilih berkaitan dengan hak konstitusional warga negara.

“Bawaslu harus pastikan bahwa warga negara yang memiliki hak pilih bisa menggunakan pada pemilu mendatang. Untuk itu, harus aktifkan patroli pengawasan,” jelasnya.

Menurut Trisno jajarannya harus aktif berkoordinasi dengan petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Supaya apabila ada temuan dari Pengawas Desa atau Panwaslu Kecamatan terkait DPTb bisa segera dikoordinasikan.

“Jalin koordinasi yang baik dengan jajaran penyelenggara di semua tingkatan. Supaya data atau temuan dari Pengawas Pemilu mudah dikoordinasikan,” ujarnya.

Trisno berharap penyelenggara Pemilu harus memastikan supaya pemilu 2024 mendatang berjalan dengan baik. Pasalnya pemilu merupakan hajatan rakyat Indonesia yang harus dijalankan secara adil.

“Tugas kita pastikan pemilu berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Mari sama-sama kita wujudkan pemilu yang adil,” pungkasnya.*

Reporter : Muklas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.