Budi Manoarfa Laksanakan Tugas dan Fungsi TFL hingga Pekerjaan Spalds Rampung 100 Persen di Kecamatan Nuangan

0
43
Gambar : Budi Manoarfa Laksanakan Tugas dan Fungsi TFL hingga Pekerjaan Spalds Rampung 100 Persen di Kecamatan Nuangan, (11/12/2023).

TNews, BOLTIM – Program Pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah (Spalds). Individual Desa Nuangan Barat, Nuangan, Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Yang didampingi tenaga fasilitator teknik Budi Monoarfa, ST bersama rekannya Adri Yuda Damongi, S.Pd sebagai Tenaga Fasiltator Pemberdayaan. Rampung seratus persen yang berada di dua desa.

Sebagaimana yang disampaikan tenaga fasilitator teknik Budi Manoarfa, ST. saat dikonfirmasi media ini, Senin (11/12/2023).

Mengatakan, Pengolahan Air Limbah (SPALD) individual di dua desa selesai. “Untuk Desa Nuangan sudah 100 persen dan untuk Nuangan Barat sudah mencapai 100 persen,” katanya.

Lanjutnya, setiap desa mendapatkan puluhan unit. “Masing-masing desa telah mendapatkan 16 unit Spalds individual. SPALD ini dapat mengolah limbah cair seperti limbah nonkakus (Grey Water) dan limbah kakus (Black Water). Grey Water itu air buangan nonkakus. Sumbernya dari air mandi, air cucian piring, binatu. Sedangkan Black Water itu limbah dari kakus atau jamban. Grey Water dan Black Water itu akan diolah di SPALD ini,” ungkapnya.

Dia menambahkan juga, pembangunan SPALD di dua lokasi ini merupakan program upaya peningkatan sarana dan prasarananya. Terlebih, perilaku buang air besar sembarang, “Maksud program ini untuk mempercepat layanan On Site melalui perbaikan tangki septik atau pembangunan IPAL dengan tujuan mewujudkan sanitasi aman bagi masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur khususnya dua desa ini yaitu Nuangan dan Nuangan Barat,” tutupnya.

Diketahui program ini melalui dinas PUTR bidang cipta karya, adapun ketua KSM Sinalogan Desa Nuangan Bapak Muhammad Afandi Latukau ,S.Pd sedangkan Ketua Ksm, BERKAH Desa Nuangan Barat, Bapak Darwis Lauma serta Dinas PUTR.*

Reporter : Muklas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.