Bupati Boltim Usulkan Formasi CPNS dan PPPK : Peluang Emas bagi Putra-Putri Daerah

0
32
Gambar : Bupati Boltim Usulkan Formasi CPNS dan PPPK : Peluang Emas bagi Putra-Putri Daerah, (11/1/2024).

TNews, BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto (SSM), baru-baru ini mengumumkan usulan formasi Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tahun anggaran 2024. Menurut pengumuman tersebut, formasi yang diusulkan mencakup 722 formasi PPPK dan 317 formasi CPNS.

Langkah ini diambil dalam rangka pemenuhan kebutuhan ASN dan penyelesaian tenaga non ASN di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Selain itu, ini juga merupakan upaya untuk menekan angka pengangguran di daerah tersebut.

“Ini peluang bagi putra-putri daerah untuk mengabdi di daerahnya sesuai dengan disiplin keilmuan masing-masing, juga yang menjadi prioritas utama sesuai amanat Undang-Undang nomor 20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara bahwa tahun 2024 penataan tenaga Non ASN harus diselesaikan selambat-lambatnya hingga bulan Desember tahun 2024 yang artinya Tenaga Non ASN akan diangkat menjadi PPPK bagi yang memenuhi syarat sesuai dengan database BKN pada Pendataan Tenaga Non ASN tahun 2022 yang lalu,” ucap Bupati SSM.

Menurut Bupati SSM, pembukaan CPNS ditujukan untuk lulusan baru dalam rangka pemenuhan kebutuhan ASN di beberapa SKPD. Khususnya, mereka yang memiliki talenta di bidang digital, analisis data, dan tenaga teknis lainnya yang sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan daerah.

Sementara itu, Plt. Kepala BKPSDM Boltim, Abdal Mamonto, mengungkapkan bahwa saat ini mereka masih dalam proses pengusulan formasi ke KemenpanRB. Setelah pengajuan, akan ada penetapan formasi oleh MenpanRB.

“Sesuai surat edaran MenpanRB instansi daerah diberikan waktu hingga tanggal 31 Januari untuk mengusulkan melalui aplikasi e-Formasi KemenpanRB,” ungkap Abdal Mamonto Kamis (11/1/2024).

“Kami juga masih menunggu beberapa regulasi dan petunjuk teknis yang akan dikeluarkan oleh MenpanRB dan BKN untuk proses dan tahapan seleksi ASN tahun 2024,” tambahnya.

Abdal menegaskan bahwa usulan formasi ASN tahun 2024 ini adalah bukti kepedulian Bupati Boltim terhadap putra-putri daerah.

“Usulan formasi CPNS dan P3K tahun ini merupakan bentuk kepedulian dari Pak Bupati yang sangat memperhatikan putra-putri Daerah Boltim,” tandasnya.*

Reporter : Aswin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.