Bupati Sachrul Mamonto, Jadi Narasumber Peluang dan Tantangan Indonesia Sebagai Ketua ASEAN 2023

0
43
Bupati Sachrul Mamonto, saat menjadi narasumber diskusi di Unsrat (Diskominfo)

TNews, Boltim – Ini adalah kali pertama unsrat mengelar seminar yang membahas Prospek Kekuaan Indonesia di ASEAN Tahun 2023 bagi Pengembangan dan Pertumbuhan Ekonomi Daerah, serta Kemampuan dan Kebutuhan Daerah Perbatasan (Sulawesi Utara) dalam Menghadapinya, yang melibatkan kepala daerah sebagai Narasumber.

Hal ini menjadi menarik ketika pihak penyelengaran mengundang Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto S.sos M.si sebagai salah satu Narasumber dan membahas isu isu internasional serta peluang dan tantangan indonesia saat menjadi Ketua Negara negara Asean.

Narasumber lain adalah Dino Pati Djalal (Directur of Foregin Policy Community of Indonesia), Edy Prasetyo (Direktur Eksekutif ASEAN Study Center – Universitas Indonesia, Franky Rengkung, S.IP., MA (Dosen tetap pada Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi.

Dino pati Djalal sendiri adalah mantan wakil mentri, kemudian menjabat sebagai Duta besar indonesia berkuasa penuh di Amerika dan juga menjadi juru picara presiden di masa SBY.

Ada beberapa hal menarik yang mengemuka dalam pelaksaan kegiatan tersebut, dimana Sachrul dengan lugas mengupas tentang peluang dan tantangan indonesia saat menjadi ketua ASEAN,

Menurut sahrul bahwa indonesia menjadi ketua Asean saat dunia sedang mengalami ketidak stabilan, salah satu contoh perang antara rusia dan ukranina yang secara langsuang berpengaruh terhadap ekonomi dunia, ketegangan di Tingkok, serta kudeta militer di miyamar.

Ditambah lagi dengan persoalan maha berat ditahun 2023 sampai 2024, indonesia akan mengelar pemilihan secara serentak.

“ini menjadi pekerjaan yang berat bagi indonesia tapi indonesia tetap harus mampu menunjukan kemampuannya sebagai negara yang mampu memfasilitasi semua negara negara anggota Asean serta indonesia menunjukan sikap netral dan tidak boleh terlibat blok tertentu di negara negara Asean,”ungkap SSM.

Dari sisi peluang ekonomi sachrul juga mengunkapkan bahwa tahun 2017 lalu presiden jokowi telah melakukan pertemuan untuk membahas eksport inport ekonomi antara negara philipina dan indonesia dengan cara rool on roll of, General santos/Davao menuju Bitung yang juga adalah gerbang pasifik, dan masuk Alki (Arus Laut kepulawan Indonesia 3)

Tapi pembicaraan itu terhambat karna adanya birokrasi yang berbelit belit, hingga pembicaraan itu gagal, menurut sahrul bahwa ini yang harus diperbaiki lagi soal aturan dan regulasi serta birokrasi

Tak hanya itu Bupati juga menyingung soal persaingan bahan kualitas eksport yang belum bisa bersain secara internasional dan ini jelas menjadi kendala bagi Indonesia.

Dr Drs Michael Mamentu sebagai ketua pusat studi ASEAN mengungkapkan bahwa Bupati Boltim di undang menjadi Narasumber, artinya bahwa yang bersangkutan sangat paham dengan isu isu nternasional, terutama petan negara negara Asean serta peluang dan tantangan

Michael juga mengaku bangga bahwa salah satu muridnya memiliki wawasan yang luas, ” ini adalah ajang untuk menguji intelektual para narasumber terutama Bupati Boltim, karna yang menjadi peserta dan penanya adalah rata rata para dosen yang bergelar doktor, tapi belia mampu menjelaskan dengan cara yang sangat memuaskan,” tambahnya

Dirinya juga mengunkapkan bahwa tidak semua kepala daerah memiliki kemampuan dalam membahas isu isu internasional, senada denga Michael, Doktor Femmy Tulusan juga mengungkapkan kekagumannya terhadap mantan muridnya di pasca sarjana . “Tentu dengan hadirnya Bupati ini merupakan kebangaan kami dosen-dosen di unsrat sebab beliau adalah mahasiswa kami” tegasnya. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.