Bupati Sachrul Mamonto Sebut Budaya Bisa Angkat Harkat Martabat Bangsa

0
28
Sachrul Mamonto (Foto Diskominfo Boltim)

TNews, Boltim –  Bupati Kabupaten Bolaang Mogondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto (SSM) mengatakan budaya bisa mengangkat harkat dan martabat suatu bangsa.

“Contohnya bali daerah tersebut dikenal karena adat serta budayanya yang mendunia, dimana daerah itu tidak hanya menjual potensi wisatanya, orang -orang bali sangat menghargai adat dan budayanya sendiri,”ungkap SSM, Kamis 7 Juli 2022,  saat membuka kegiatan seminar kebudayaan yang dilaksanakan di Aula kantor bupati.

Tantangan zaman saat ini, dimana era digitalisasi dan globalisasi makin lama makin mengikis adat dan budaya kita. “Untuk itu saya mengajak kepada semua pihak untuk menangkat lagi budaya khususnya budaya Bolaang Mongondow agar jati diri sebagai orang mongondow tetap ada,”jelas SSM.

Lanjut SSM, Salah satu upaya yang akan dilakukannya dalam mengangkat budaya di Boltim yakni dengan melaksanakan kegiatan adat dan kebnudayaan, misalnya saat HUT ke 14 Boltim nanti, akan dilaksanakan Festival Kabela dengan mengangkat budaya Bolaang Mongondow Misalnya tarian dana-dana serta lainnya.

“Saat kegiatan HUT Boltim  ke-14, semua harus menggunakan adat Bolaang Mongondow. Mulai pakaian hingga prosesi upacara berlangsung harus menggunakan Bahasa Mongondow dan adat Mongondow, ini wajib dilaksankan karena Boltim merupakan miniatur dari Indonesia,” tutup SSM.

 

Yogi Mokoagow

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.