Desember Tahun Ini, Warga Boltim Kembali Mencoblos

0
350
Kesadaran Masyarakat Boltim Akan Pajak Masih Minim
Rusdi Gumalangit

TOTABUANEWS, BOLTIM – Desember tahun ini, warga Bolmtim akan kembali mecoblos. Pasalnya, Pesta demokrasi pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akan dilaksanakan Desember mendatang.

Demikian dikatakan Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit bahwa, ada 65 Desa yang akan melaksanakan Pilsang serentak, “kepastian pelaksanaan Pilsang di bulan Desember mendatang, ada 65 desa yang akan melakukan pemilihan sangadi mereka,” tutur wabup.

Wabub menjelaskan, peluang akan sangat kecil jika pelaksanaan Pilsang dilakukan pertengahan Tahun ini. sebab menurutnya pengesaan Peraturan daerah (Perda) hingga pelaksanaan tahapan akan butuh waktu lumayan lama, “pelaksanaan tahapan-tahapan membutuhkan waktu, masih dibentuk Panpel (Panitia Pelaksana) tingkat kabupaten. belum lagi sosialisasi mengenai pelaksanaan Pilsang sesuai Perda dan Perbup, apalagi ke 65 desa itu harus disosialisasikan terlebih dulu, juga masih banyak desa yang belum melakukan pelantikan BPD dan beberapa desa BPD belum ada SK, “jelas wabup.

Adapun alasan sehingga pelaksanaan Pilsang di gelar Desember mendatang yakni selain kesiapan pengalokasian dana, sudah matang berdasarkan permintaan dari Panpel, dan sangadi yang terpilih mengwali kerja di tahun anggaran yang baru, “Kalau pelaksanaan Desember, para Sangadi terpilih mengawali masa kerja di Tahun anggaran yang baru. Selain itu, sudah tidak ada hambatan lagi karena semua sudah matang,” kata Rusdy wabub boltim.

Wabup, menghimbau kepada masyarakat di 65 desa yang akan melaksanakan Pilsang, supaya tetap selalu menjaga stabilitas keamanan dan jangan lagi terkotak-katik, “mari senantiasa kita jaga bersama keamanan dan menjalin silaturahmi yang baik,” imbau Rusdi.

Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.