Distan Boltim Gelar Pelatihan Pengendalian Hama ke Petani Cacao di Kecamatan Nuangan

0
22
Distan Boltim Gelar Pelatihan Pengendalian Hama ke Petani Cacao di Kecamatan Nuangan

TNews, Boltim – Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), bekerjasama dengan Dinas Perkebunan daerah propinsi Sulawesi Utara (Sulut) melakukan pelatihan kepada para petani Cacao di Kecamatan Nuangan terkait pengendalian hama dan penyakit pada tanaman cacao.

Kegiatan yang dipusatkan di balai penyuluhan pertanian Desa Nuangan Induk juga turut dihadiri dari Balai Pengendalian Hama Penyakit (BPHP), juga tenaga profesional pengalaman dalam seluk beluk cacao yakni, Bapak Roni Kobandaha dari Bolmong.

Kepala Dinas Pertanian Boltim Mat Sunardi pada media ini mengatakan Penyuluhan ini dalam upaya memacu peningkatan kapasitas dan SDM petani di Balai penyuluhan pertanian Kecamatan Nuangan.

“Pemkab Boltim bekerjasama dengan Dinas Perkebunan Daerah Provinsi Sulut, melakukan pelatihan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman cacao, yang saat ini menjadi momok petani cacao adalah /Pengerek Buah Cacao (PBK) yang banyak mengakibatkan gagal panen bagi petani Cacao di Boltim,” ujarnya Selasa, (8/11/2022).

Dikatakannya, dalam kesempatan tersebut petani diajarkan oleh para nara sumber yg ahli dalam bidangnya.

“Kami kedatangan Balai Pengendalian Hama Penyakit, juga tenaga profesional pengalaman dalam seluk beluk cacao dari Bolmong, untuk lebih mendalami hal ini, petani dibimbing sampai praktek identifikasi hama penyakit, upaya pengendalian hama dengan pengaturan sirkulasi udara pada tanaman cacao, juga sambung baik, sambung pucuk, dan sisip.

Dari hasil evaluasi petani sangat tertarik hal ini karena langsung dapat dipahami dengan adanya praktek langsung. Inya allah pelatihan ini bermanfaat dan dapat diimplemantisikan oleh para petani,” jelasnya.***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.