Gebyar Ketupat di Boltim Meriah

0
48

TOTABUANEWS, BOLTIM – Hari raya ketupat di Kecamatan Tutuyan dan kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Senin (3/7/2017) berlangsung meriah.

Berbagai lomba dilaksanakan warga Tombolikat seperti panjat pinang, lari karung, lari kelereng dan tarik tambang. Tak kalah menariknya yakni gigit koin di jeruk. Lomba ini diperuntukan untuk anak-anak mulai umur 6-11 tahun. Cara serta mainnya gampang, cukup mengambil koin yang sudah tertancap di lemon (jeruk) mengunakan mulut tanpa bantuan tangan, siapa yang paling banyak mengumpulkan koin pecahan Rp1.000 berhasil keluar sebagai pemenang, dan mendapat hadiah sesuai hasil yang didapat dalam gigit koin tersebut.

Berbeda dengan hadiah lari karung, tarik tambang serta panjat pinang mencapai jutaan rupiah.

Ketua Badan Pemusyawaratan desa (BPD) Tombolikat Soleman Kodompit mengatakan, kegiatan ini tiap tahun dilakukan dengan dana berasal dari swadaya masyarakat.
Selain lomba gebyar ketupat juga meliputi silaturami warga Boltim. “Warga meletakan makanan serta minuman tepat di depan rumah. Tujuannya ingin memanggil tamu yang lewat,” katanya.

Diketahui tradisi ini sudah dilaksanakan turun-temurun dilakukan warga Boltim,  selesai melaksanakan Idul Fitri.

Peliput: Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.