Hasil Pleno Rekapitulasi Suara Pilgub dan Pilbup 2020

0
167

TNews, PILKADA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar rapat pleno terbuka, rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2020 dan rekapitulasi serta penetapan hasil perhitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Boltim tahun 2020 yang dibuka Senin 14 Desember 2020.

Rapat pleno terbuka itu dipimpin Ketua KPU Boltim Jamal Rahman didampingi para Komisioner KPU di antaranya, Ketua Devisi Hukum dan Pengawasan Devita Helmy Pandey, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi Adechilni Abukasim, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Abdul Kader Bachmid dan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM.

Adapun peserta yang turut hadir di antaranya para saksi dari masing-masing paslon baik gubernur dan wakil gubernur maupun bupati dan wakil bupati, ketua dan pimpinan Bawaslu Boltim.

Pleno rapat terbuka pun disiarkan langsung melalui akun Facebook KPU Boltim yang dapat dilihat langsung oleh masyarakat tanpa harus datang ke KPU. Hal itu mencegah terjadinya kerumunan.

Pleno itu menerapkan protokler kesehatan Covid-19, di mana penyelenggara telah menyediakan tempat cuci tangan sebelum masuk tempat kegiatan, bahkan di meja regristrasi pun elah disediakan handsanitizer, masker dan sarung tangan yang wajib digunakan oleh para peserta undangan rapat pleno serta tempat duduk diatur jarak.

Setelah dibuka oleh Ketua KPU Boltim Jamal Rahman, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan masing-masing PPK terkait perolehan suara dimasing-masing kecamatan.

Pemaparan tersebut langsung dilakukan di depan para saksi, Bawaslu Boltim dan para Komisioner KPU.

Pleno tersebut berlangsung selama empat hari. Meski alot namun berjalan aman dan sukses.

Dari hasil rekapitulasi di seluruh kecamatan, perolehan suara masing-masing calon Bupati dan Wakil Bupati Boltim dibacakan.

Hasil rekapitulasi, pasangan nomor urut 1 Amalia Landjar- Uyun Kunaefi Pangalima (AMA-UKP) meraih 13.741 suara (27%), pasangan nomor urut 2, Sam Sachrul Mamonto- Oskar Manoppo (SSM-OPPO) meraih 20.965 suara (41%), dan pasangan nomor urut 3 Suhendro Boroma- Rusdi Gumalangit (SB-RG) 16.022 suara (32%).

Jumlah suara sah pada Pilkada Boltim ini sebanyak 50.728 dan jumlah suara tidak sah 687.

Dengan hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara tersebut, pasangan SSM-OPPO sudah dipastikan menjadi Bupati dan Wakil Bupati Boltim terpilih periode 2021-2026.

Selanjutnya, SSM-OPPO tinggal akan menunggu pleno penetapan calon terpilih yang akan dilaksanakan lagi okeh KPU dalam waktu dekat.

Sedangkan untuk rekapitulasi penghitungan suara di pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Sulut, pasangan nomor urut 1 Christiany Eugenia paruntu (CEP) dan Sehan Salim Landjar (SSL) memperoleh 26.451 suara. Pasangan nomor urut 2, Vonnie Aneke  Panambunan (VAP) dan Hendry Runtuwene (VAP-HR) memperoleh 3.589 suara dan pasangan nomor urut 3 Olly Dondokambey-Steven Kandouw meraup 20.222 suara. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.