Ini Pesan Bupati Kepada 145 Anggota BPD yang Baru

0
58
Sachrul Mamonto. (Foto Humas Pemda Boltim)

TNews, Boltim –  Bupati Sam Sachrul Mamonto (SSM) lantik dan mengambil sumpah jabatan kepada 145  anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Rabu 3 Agustus 2022 kemarin, di lantai III Kantor Bupati.

Usai mengambil sumpah dan melantik ke 145 anggota BPD tersebut, SSM mengingatkan terkait tugas pokok dan fungsi serta peran BPD dalam tata kelola pemerintahan desa.

“Peran BPD sangat penting terutama dalam mengawasi jalannya pemerintahan desa serta penyelenggaraan program pembangunan dan kemasyarakat yang dilaksanakan pemerintah desa,” ungkap SSM.

Dimana menurut SSM, agar BPD yang baru dilantik bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta dapat memaksimalkan fungsi pengawasan yang melekat ke BPD.

“Jalankan tugas dan fungsi kalian sebgai meastinya, yang dimana harus benar-benar mengawasi jalannya roda pemerintahan yang ada di desa, tentunya perangkat desa tidak perlu khawatis, selama tidak terjadi kesalahan maka pasti tidak bermasalah,” pesan bupati.

Sachrul Mamonto Saat Melantik anggota BPD. (Foto Diskominfo Boltim)

“Fungsi kontrol BPD harus benar-benar dijalankan agar tidak ada persoalan hukum di kemudian hari. Sukses pembangunan di dalam desa adalah kolaborasi antara kepala desa dan BPD. Program yang ditetapkan dan terencana dengan baik dan berguna untuk masyarakat harus di kedepankan. Untuk mengawal kesuksesan program ini, ada di tangan BPD,” tambah bupati.

Seperti diketahui, BPD yang dilantik berjumlah 145 orang yang berasal dari 29 desa di Kecamatan Kotabunan, Tutuyan, Motongkad dan Nuangan. Sedangkan BPD di wilayah Kecamatan Modayag, Modayag Barat dan Mooat akan dilantik dalam waktu dekat ini. Mereka yang baru dan akan dilantik itu adalah hasil seleksi yang digelar beberapa waktu lalu.

“SK mereka terhitung mulai hari ini (2 Agustus 2022),” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Hendra Tangel.

 

Yogi Mokoagow

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.