KPU Boltim Bersama PPK Gelar Sosialisasi Peran Perempuan, Stakeholder Organisasi Kepemudaan, dan Difabel dalam Pemilu 2024

0
32
Gambar : KPU Boltim Bersama PPK Menggelar Sosialisasi Peran Perempuan, Stakeholder Organisasi Kepemudaan, dan Difabel dalam Pemilihan Umum Tahun 2024, Boltim (14/12/2023).

TNews, BOLTIM – Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar sosialisasi peran perempuan, stakeholder organisasi kepemudaan, dan difabel dalan pemilihan umum tahun 2024. Bertempat di balai pertemuan umum Kecamatan Motongkad, Kamis (14/12/2023).

Acara dibuka langsung oleh anggota KPU Kabupaten yang membidangi Divisi Sosialiasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Ikal Salehe pada sambutannya mengatakan, bahwa tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan partisipasi difabel dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 baik sebagai penyelenggara, peserta maupun sebagai pemilih. “Sesuai dengan UU No 7 Tahun 2017 pasal 5 yang mengamanatkan bahwa penyandang disabilitas yang memenuhi syarat mempunyai kesempatan yang sama sebagai pemilih, sebagai calon anggota DPR, sebagai calon anggota DPD, sebagai calon Presiden/Wakil Presiden, sebagai calon anggota DPRD, dan sebagai Penyelenggara Pemilu. Oleh karena itu adalah tugas dan kewajiban penyelenggara pemilu untuk menjamin keikutsertaan semua warga negara Indonesia yang memenuhi syarat untuk mengikuti Pemilu 2024, termasuk saudara-saudara kita para penyandang disabilitas,” katanya.

Lanjutnya, pentingnya kesetaraan gender dalam gelaran Pemilu 2024 terutama dengan adanya jatah 30% politik untuk perempuan. “Dalam politik, perempuan dapat berperan sebagai Stability Control yang diharapkan mampu memberikan keseimbangan dalam dinamika politik karena perempuan tidak hanya mengedepankan akal namun mampu mengkombinasikan antara akal dan perasaan,” tambahnya.

Selain itu Kadiv Hukum dan pengawasan Wardoyo Elias menambahkan, Kegiatan ini sangat penting agar meningkatkan Partisipasi masyarakat dalam pemilu tahun 2024, apalagi pemuda karena masih banyak yang belum tau tanggal 14 Februari 2024 apa, “Pemuda adalah Backbone masa depan sebuah bangsa. Dengan terlibat aktif dalam pemilu, maka tanggal 14 Februari 2024 adalah hari pemilihan umum,” jelasnya.

Camat Motongkad, Bapak Iskandar Daeng Mangawi S.AG, mengajak, semua masyarakat dapat mensosialisasikan pemilu tahun 2024. “Mari kita sosialisasikan kepada semua masyarakat pada tanggal 14 Februari 2024 kita ke TPS, serta kita juga sosialisasikan cara pemilihan yang baik agar pesta demokrasi tahun ini berjalan dengan lancar,” kata Camat Motongkad.

Selain itu Kapolsek Nuangan, AKP, Muh Rosid SE, mengajak agar selalu menjaga kamtibmas. “Mari kita jaga bersama Keamanan Kamtibmas agar pemilu tahun 2024 ini berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Diketahui yang hadir dalam kegiatan tersebut, Kadiv Ikal Salehe, kadiv Wardoyo Elias, Kadiv Nugroho Lasabuda, pemateri Rahmi Hatani, PPK kecamatan, PPS, Camat Motongkad, Pengurus Nu Kecamatan, Kapolsek Nuangan, serta pemuda.*

Reporter : Muklas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.