KPU Boltim Gelar Rakor dan Sosialisasi Persiapan Pembentukan KPPS Pemilihan Umum Tahun 2024 Bersama Stakeholder

0
61
Gambar : KPU Boltim Gelar Rakor dan Sosialisasi Persiapan Pembentukan KPPS Pemilihan Umum Tahun 2024 Bersama Stakeholder, Kotamobagu (10/12/2023),

TNews, BOLTIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar rapat koordinasi dan sosialisasi persiapan pembentukan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), dalam pemilihan umum tahun 2024. Bertempat di Sutan Raja Kotamobagu, Minggu (10/12/2023).

Pada kesempatan itu Ketua KPU Bolaang Mongondow Timur, Rusmin Mamonto dalam sambutannya menyampaikan, bahwa KPPS dalam penyelenggaran pemilu merupakan posisi yang sangat vital. “Saya berharap camat dan kepala desa di masing-masing dapat menyampaikan, menginformasikan serta memberitahukan kepada masyarakat di masing-masing desa terkait perekrutan KPPS pada tanggal 11 Desember 2024. Dengan memenuhi persyaratan yang akan dilengkapi, dan juga KPPU membutuhkan 1,799 anggota KPPS,” katanya.

Selain itu kadiv Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM Ikal Salehe mengatakan, KPPS merupakan garda kedepan suksesnya pemilu. “Suksesnya sosialisasi lapangan kecuali partisipasi masyarakat 100 persen kalau sumber daya masyarakat maju. Serta pembentukan KPPS ini tidak lain adalah sistem yang dibuat lembaga atau undang-undang,” ujarnya.

Sedangkan kadiv Divisi Hukum dan Pengawasan Pemilu KPU Wardoyo Elias, memaparkan syarat pendaftaran anggota KPPS. Persyaratannya antara lain adalah Warga Negara Indonesia, berusia paling rendah 17 tahun dan setinggi-tingginya 55 tahun, setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dan NKRI, mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil. “Berkaca pada pemilu tahun 2019 banyaknya banyak KPPS yang bertaruh nyawa maka kesehatan menjadi perhatian penting dan krusial,” jelasnya.

Selain itu kadiv Data Adechelni Abukasim menambahkan, untuk perekrutan KPPS sudah menjadi agenda yang diatur. “Rapat koordinasi dan pembentukan KPPS sudah menjadi agenda dan sudah ditetapkan KPU RI,” tutupnya.

Diketahui sosialisasi tersebut dihadiri oleh Pemerintah Kabupaten Boltim, camat, dan kepala desa se-Kabupaten Boltim.*

Reporter : Muklas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.