Lakukan Studi Tiru, 47 Kepala Desa di Boltim Jalan-jalan ke Desa Sengkol

0
52
47 Kepala Desa lakukan Studi Tiru ke Desa Sengkol. (Diskominfo)

TNews, Boltim – Sebanyak 47 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) jalan-jalan ke Desa Sengkol, untuk melakukan studi tiru.

Desa Sengkol, terletak di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Barat di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Diektahui, Sengkol, merupakan Desa destinasi wisata kebudayaan yang masih dipertahankan oleh salah satu suku di NTB yaitu Sasak Ende.

Dimana, para warga masih tinggal di rumah adat Bale Tani yang dibangun dari bambu dan beratapkan jerami.

Pemukiman Sasak Ende sendiri terletak tepat di tepi jalur menuju Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid (Bizam), dan masih masuk dalam kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Nah, saat tiba pada Jumat, 26 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB, 47 Kades disambut baik oleh masyarakat Sengkol keturunan Suku Sasak Ende di depan pintu masuk.

Setelah itu, rombongan Kades yang dipimpin langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Boltim, Hendra Tanggel diporbolehkan masuk ke pekarangan rumah warga.

Para Kades pun langsung disambut dengan makanan dan minuman khas Suku Sasak Ende, yang diantaranya jagung dan ramuan jamu.

Kemudian para Kades dikumpulkan di sebuah pendopo untuk menonton tarian Peresean khas Sasak Ende.

Tarian Peresean sering diperagakan masyarakat keturunan Sasak Ende untuk memanggil hujan, dikala musim kemarau melanda.

Kepala DPMD Boltim, Hendra Tanggel mengatakan jika kedatangan 47 Kades di di Sengkol untuk mempelajari pengembangan wisata kebudayaan yang masih dilestarikan terus oleh warga keturunan suku Sasak Ende.

“Pemukiman Sasak Ende ini sangat unik. Semua masih tradisional. Mulai dari rumah, masjid, gedung pertemuan hingga masyarakatnya masih memegang teguh warisan leluhur,” kata Hendra.

Untuk itu, lanjut Hendra, para Kades dari Boltim perlu mempelajari cara masyarakat Suku Sasak Ende menjaga dan merawat budaya leluhur mereka.

“Berkat tradisi leluhur yang terus dijaga, banyak wisatawan asing atau lokal yang datang untuk melihat hanya sekedar ingin tahu prose kehidupan di dalam pemukiman suku Sasak Ende,” ujar Tanggel.

Hendra juga berterima kasih kepada segenap Pemerintah Desa Sengkol yang sudah meluangkan waktu dan membuka hati menerima kunjungan dari 47 Kades dari Boltim.

“Terima kasih atas penyambutannya yang sangat meriah. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk masyarakat suku Sasak Ende,” ujarnya.

Dan diketahui, 47 kepala desa juga mempertontonkan tarian dana-dana khas Mongondow yang dipimpin langsung Kepala DPMD Boltim.

Turut hadir mendampingi rombongan studi tiru kades tersebut, Kepala Inspektorat Daerah Hardiman Pasambuna, Kepala PP-KB Rosita Pobela, Anggota DPRD Boltim Revvy Lengkong dan Alamri Matiala. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.