Lantik 122 Angota BPD, Bupati Sachrul Mamonto Sampaikan Ini

0
20
Bupati Sachrul Mamonto, Lantik122 Angota BPD (Diskominfo)

TNews, Boltim – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto (SSM) melantik 122 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Selasa 6 September 2022, di Lantai I Kantor Bupati.

Usai melantik anggota BPD tersebut, SSM menyampaikan banyak hal mengenai tugas pokok dan fungsi serta peran BPD dalam tata kelola pemerintahan desa.

“Peran BPD sangat penting terutama dalam mengawasi jalannya pemerintahan desa serta penyelenggaraan program pembangunan dan kemasyarakat yang dilaksanakan pemerintah desa,” katanya.

Bupati pun berharap agar BPD yang baru dilantik bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta dapat memaksimalkan fungsi sebagai pengawas dalam desa.

“Fungsi BPD untuk mengawasi pemerintahan di setiap desa. Namun kepala desa tidak perlu khawatir jika ada BPD yang kritis, karena itu tandanya kita benar-benar diawasi. Ini adalah hal yang baik, selama tidak terjadi kesalahan maka pasti tidak bermasalah, untuk anggota BPD kritik boleh tapi harus dengan cara yang baik,” ujarnya.

Dimana menurut SSM, Fungsi kontrol BPD harus benar-benar dijalankan agar tidak ada persoalan hukum di kemudian hari. Sukses pembangunan di dalam desa adalah kolaborasi antara kepala desa dan BPD.

“Program yang ditetapkan dan terencana dengan baik dan berguna untuk masyarakat harus di kedepankan. Untuk mengawal kesuksesan program ini, ada di tangan BPD, kalian juga harus bekerja sama dengan Aparat Desa untuk kesejahteraan rakyat ” jelas bupati.

Diketahui dalam pelantikan tersebut, bupati juga turut memberikan materi tentang Tugas dan Fungsi BPD. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.