Pembayaran Gaji 13 PNS Boltim, Tunggu Juknis Pusat

0
114
Pekan Ini Pergeseran Anggaran akan Dilakukan Pemda Boltim
Oskar Manoppo

TOTABUANEWS, BOLTIM – Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Telah menyiapkan dana Gaji 13 PNS Boltim, namun untuk pembayaranya masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Boltim, Oskar Manoppo, mengungkapkan pemda telah menyiapkan dana pembayaran gaji 13 dan gaji 14 untuk 2.084 PNS Boltim sebesar Rp 15,6 miliar.
“Besaran pembayaran gaji per bulan Rp 7,8 miliar. Dananya sudah siap di APBD, tinggal menunggu juknis dari pusat yang belum ada. Tapi biasanya gaji 13 disalurkan sebelum lebaran,” bebernya.

Lanjut, sesuai peraturan presiden nomor 137 tahun 2015 tentang rincinan APBN 2016, tak ada kenaikkan gaji pada tahun ini. Namun pemerintah pusat menggantinya dengan gaji bulan ke-14.
“Jika dibandingkan kenaikkan gaji sekitar 6 persen dengan gaji 14. Hampir sama yang akan diterima. Hanya saja gaji 13 dan gaji 14 tak dipotong pajak IWP,” jelasnya.

Dia mengungkapkan total anggaran untuk membayar gaji PNS dalam 14 bulan mencapai Rp 126 miliar. Selain gaji, Pemda juga menyiapkan dana sekitar Rp 28 miliar untuk tunjangan kinerja daerah (TKD) bagi PNS. “Kita sudah menyalurkan gaji dan TKD melalui rekening PNS sejak April,” jelasnya.

Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.