Pemda Boltim Bakal Terima Dana Rp21 Milyar

0
227

2TOTABUANEWS, BOLTIM – Pemda tengah mempersiapkan penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pertanggungjawaban realisasi anggaran tahun 2014, ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim, Rabu (10/06).

“Opini dan hasil auditnya sudah ada, jadi sesegera mungkin Ranperdanya harus dirampungkan untuk dibahas. Setelah selesai pembahasan, akan di paripurnakan oleh dewan dan setelah itu evaluasi ke Pemprov Sulut untuk di Perdakan,” kata Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Boltim, Oskar Manoppo, Selasa (9/06).

Dikatakannya, dengan adanya pencapaian opini WTP yang diraih oleh Pemda Boltim, dirinya optimis Pemda akan meraih Dana Insentif Daerah (DID) pada tahun 2016 nanti.

“Kami telah mempersiapkan data APBD mulai dari tahun 2009 sampai dengan 2014. Jadi semua data sudah terpenuhi semua. Selanjutnya tinggal menunggu, apabila pencapaian indikator penilaian semuanya masuk, maka besarannya bisa mencapai Rp 21 miliar untuk DID yang akan diterima oleh Pemda di tahun mendatang dari Kementerian Keuangan,” jelasnya.

Dia menjelaskan, kriteria penilaian untuk pencapaian DID akan dinilai oleh Badan Statistik. “Unsur-unsur penilaiannya antara lain, Pengelolaan Keuangan Daerah, Ketepatan APBD, Ketepatan LKPD, Opini, Minimal WTP atau WDP. Kemudian pertumbuhan tingkatan PAD, Pertumbuhan Ekonomi, Penurunan angka kemiskinan, penurunan angka pengangguran, IPK, dan yang terakhir adalah IPN. Kami pun optimis akan mencapai DID, karena dengan adanya data yang sudah dilengkapi maka kemungkinan besar pencapaian kriteria DID akan terealisasi,” kata Manoppo.

 

KONNI BALAMBA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.