Pemda Boltim Gelar Sosialisasi Pelatihan LPM

0
83
Amin Musa: BPD Bisa Berhentikan Sangadi
Amin Musa

TOTABUANEWS, BOLTIM – pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mogondow Timur (Boltim), melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) menggelar kegiatan sosialisasi dalam rangka pelatihan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).
Kegiatan yang berlangsung di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Tutuyan Induk Pada Kamis (14/04/2016) ini, di hadiri Asisten I Amin Musa , serta seluruh LPM se- Boltim.

Assisten satu Amin Musa pada Sambutanya mengatakan, peran penting lembaga ini harus nampak pada setiap pembangunan Desa. “LPM memberikan kontribusi kepada pemerintah desa melalui pemberdayaan kepada setiap masyarakat Desa,” katanya.

Lanjut, Pemerintah Desa mulai dari sangadi dan aparat harus punya potensi untuk mengembangkan diri melalui perkembangan. “Setiap tahun regulasi ini berubah-ubah, maka harus perlu ada pelatihan dan dosialisasi seperti ini,Kita jangan tertinggal dengan ilmu Teknologi, karena dengan model canggih saat ini, tidak perlu repot berfikir sebab, apa yang kita ingin ketahui cukup dengan mengakses melalui media elektronik,” tambahnya.

tidak hanya itu, peran penting LPM dalam pemerintahan Desa tidak luput dari pembuatan program Desa, karena Lembaga ini adalah mitra pemerintah, sehingga perlu dilakukan kerjasama. “Bagaimana masuk dalam sistem maka peran LPM harus ada di tengah-tengah dalam penyusunan RPJMDes, RKPDes, APBDes, fungsi pengawasan terhadap penyusunan tersebut butuh pengawasan dari para LPM. LPM harus lebih efektif dalam konteks pengawasan sebab itu sangat penting dalam konsep-konsep pembangunan. Maka pembangunan spritual akan berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.