Pemkab Boltim Gelar Bimtek Penyusunan  Laporan Keuangan berbasis Akrual

0
252

TOTABUANEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, senin (21/03) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan laporan keuangan SKPD berbasis Akrual.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Boltim ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Boltim Drs Rusdi Gumalangit dan dihadiri oleh seluruh Pejabat SKPD, Pengelola keuangan SKPD serta mengahdirkan narasumber dari BPKP Propinsi Sulut.

Pada kesempatan itu, Wabup memberi himbauan kepada seluruh peserta agar serius dalam mengikuti Bimtek tersebut. Pasalnya, menurut Wabup, ia meyakini di struktur Pemerintahan Boltim, khususnya dalam hal penerapan sistem penyusunan laporan berbasis akrual, masih banyak yang belum memahami bahkan salah dalam hal pelaporannya, “Jangankan SKPD lain, Dinas DPPKAD saja masih terus belajar dan belum bisa menguasai 100 persen sistem pelaporan keuangan dengan metode baru ini. Apalagi SKPD lain? Jadi diminta keseriusannya dalam mengikuti Bimtek ini,” ujar Papa Keken sapaan akrab Wabup saat memberi sambutan.

Wabup juga menekankan, tidak hanya Pengelola keuangan di SKPD saja yang harus memahami sistem pelaporan keuangan ini, tetapi juga diwajibkan kepada semua pimpinn Instansi atau SKPD di Boltim. “Jadi kepala SKPD juga harus tahu, jangan hanya mengandalkan Otoritas saja, sementara ia sendiri tidak mengerti. Hal ini bisa berdampak buruk pada pelaporan dan pemeriksaan dari tim BPK nantinya,” tambah Wabup.

Lebih lanjut, Wabup meminta agar materi yang didapat dari Bimtek ini, supaya bisa sejalan dengan apa yang diaplikasikan nanti dalam masa penyusunan laporan keuangan, “Karena apa yang menjadi hasil dari penjabaran laporan keuangan di masing-masing SKPD nanti, tentunya itu yang akan menjadi acuan pada saat laporan keuangan daerah,” tandasnya.

Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.