Penanggulangan Bahaya Penyakit Rabies, Dinkes Boltim Kerahkan TGC

0
92
Penanggulangan Bahaya Penyakit Rabies, Dinkes Boltim Kerahkan TGC

TOTABUANEWS,BOLTIM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar sosialisasi bahaya rabies dengan menurunkan Tim Gerak Cepat (TGC) ke lapangan. Kegiatan dimulai dari Desa Bangunan Wuwuk Timur dan dijadwalkan secara bergilir dan bekerjasama dengan puskesmas.

TGC di pimpin langsung oleh Kepala Seksi Penanggulangan Penyakit dan Surveilens, Aviv M Sangki SKep MM bersama Tim dari Puskesmas Modayag Barat. Pada kegiatan ini TGC fokus ke daerah-daerah yg kemungkinan besar rentan dgn penyakit berbahaya ini, dengan memberikan materi tentang bahaya rabies oleh gigitan hewan peliharaan.

Dikatakan Aviv, dalam kegiatan ini Masyarakat tampak antusias mengikuti kegiatan ini karena diajak langsung oleh sangadi Desa Bangunan Wuwuk Timur dan aparat desa. Bahkan, masyarakat dan aparat beberapa kali bertanya tentang pencegahan dan penanggulangan penyakit berbahaya ini. “Kami berharap apa yang disampaikan hari ini dapat diteruskan oleh aparat dan masyarakat kepada masyarakat desa bangunan wuwuk timur lainnya, melawan bahaya rabies menjadi tugas kita bersama,” ujar aviv.

Di tempat terpisah Kepala Dinas Kesehatan, Eko Marsidi SKM ME mengatakan, kegiatan ini akan dilakukan secara terjadwal dan difokuskan untuk daerah-daerah yg memiliki banyak populasi hewan-hewan penyebar rabies di kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

“Kami juga menghimbau agar masyarakat tetap waspada serta cermat mengamati perilaku hewan peliharaan. Apabila terjadi kasus gigitan jangan panik, berikan pertolongan segera dan bawa kepuskesmas terdekat. Jangan lupa untuk hewan peliharaannya agar divaksinasi apabila ada petugas dari dinas pertanian dan peternakan yang turun lapangan guna memberikan vaksinasi,” imbau Kadis Kesehatan.
Dirinya juga berharap agas masyarakat Boltim, memahami secara betul akan penyakit rabies ini.
“Mari sama-sama kita lawan penyakit rabies sebagai bentuk upaya memaksimalkan program Boltim Bebas Rabies, pungkasnya.
Peliput: Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.