Peringati Hari TBC Sedunia, Dinkes Boltim Canangkan Gerakan Ketuk Pintu Rumah Warga

0
62
Cegah Penyebaran DBD, Dinkes Boltim Gencar Fogging
Eko Marsidi, Kepala dinkes Boltim

TOTABUANEWS, BOLTIM – Peringati hari Tuberkolosis (TBc) sedunia 24 Maret 2017 nanti, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolmong Timur (Boltim) canangkan gerakan ketuk pintu 1.000 rumah warga.

Kepala Dinkes Boltim Eko Marsidi, mengatakan, gerakan ketuk pintu rumah adalah kegiatan kunjungan rumah yang dilakukan kader yang bertujuan untuk memberikan edukasi tentang Tuberkolosis. “Para kader akan melakukan skrining untuk menemukan orang diduga mengidap Tuberkolosis, untuk memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan,” kata eko, Senin (13/03/2017).

Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Wabah Dinkes Boltim, Sammy Rarung menambahkan, gerakan ketuk pintu tersebut nantinya disebar merata pada tujuh puskesmas di Boltim. “Para kader bertugas untuk mencari warga yang diduga menderita penyakit TBc di masing-masing wilayah Puskesmas,” terang Rarung.

Dinkes akan memasang target 1.000 rumah dan setiap Puskemas menangani 145 rumah guna mengkampanyekan gerakan tersebut. “Mereka dibekali format edukasi dalam rangka memberikan informasi seputar TB terutama gejala, cara penularan, cara pengobatan, tes dahak dan sebagainya. Kader melakukan skrining pada semua anggota rumah apakah ada yang menderita batuk berdahak, dapat disertai gejala lain,” ujarnya.

Peliput: Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.