Peringati HUT RI Ke-72, Disparbud Boltim Gelar Lomba Lantakan

0
60
Peringati HUT RI Ke-72, Disparbud Boltim Gelar Lomba Gogotupan

TOTABUANEWS, BOLTIM – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-72, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengadakan berbagai kegiatan perlombaan, menariknya dari semua lomba yang digelar. Ada salah satu lomba yang cukup unik dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Boltim ini. Yaitu, lomba meriam bambu atau dalam bahasa Mongondow lantakan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Boltim Rizky Lamaluta, mengatakan. HUT RI kali ini pihaknya mengelar lomba meriam bambu (lantakan) dan akan diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan aparat desa. “Lomba ini akan di ikuti pegawai dan aparat desa. Jadi setiap SKPD harus mengutus satu orang sedangkan aparat desa lima orang,” ujarnya, Rabu (9/8/2017).

Perlobaan kali ini untuk, membangkitkan lagi permainan tradisional yang sudah jarang dimainkan oleh masyarakat.

“Peserta harus membawa meriam bambu dari rumah serta peralatan lainnya. Namun untuk bahan bakar, akan menjadi tanggung jawab panitia,” ungkapnya.

Untuk penilaian pemenang lomba meriam bambu berdasarkan bunyi yang paling keras. “Siapa yang meriamnya paling keras bunyinya, keluar sebagai pemenang,” ujar Rizky Lamaluta.

Peliput: Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.