Petani Boltim Dapat Pinjaman Alat Pertanian

0
37
Petani Boltim Dapat Pinjaman Alat Pertanian
Ramlah Mokodompis

TOTABUANEWS, BOLTIM – Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akan meminjamkan alat pertanian ke petani untuk meringankan proses pengolahan pertanian. Sebagaimana dikatakan kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Boltim, Ramlah Mokodompis.

Menurut Ramlah, pihaknya telah meminjamkan alat ke petani, mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk meminjam alat pertanian tersebut. “Ini diperuntukan kepada petani, guna membantu serta memudahkan petani dalam mengelolah lahan pertaniannya. Hal ini bertujuan agar para petani bisa mengembangkan serta meningkatkan hasil taninya,” kata Ramlah.

Untuk meminjam alat tersebut bisa melalui pihak Kecamatan atau langsung ke Dispertanak, para petani tinggal mengisi formulir peminjaman. “Kami jamin prosesnya cepat, peminjaman ini berlaku ke semua petani yang ada di Boltim, baik secara personal atau pun kelompok, dengan waktu pinjaman selama tiga hari,” jelas Ramlah.

Dia menambahkan, untuk biaya operasional alat ditanggung petani selaku pengguna, seperti bahan bakar. “Ada beberapa alat pertanian saat ini terparkir di kantor Dispertanak Boltim, yakni 30 Handsprayer, 15 mesin penanam, serta tiga pompa air. alat tersebut baru datang bulan April lalu,” tutupnya.

Peliput: Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.