Ponpes Miftahul Khoir Buyat Jadi Cabang ke-7 Ponpes Tebuireng Jombang

0
220
Ponpes Miftahul Khoir Buyat Jadi Cabang ke-7 Ponpes Tebuireng Jombang
TOTABUANEWS, BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur Sehan Landjar SH, menghadiri acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Jombang KH. Salahuddin Wahid dengan pihak Yayasan Miftahul Khoir yang diwakili Kiai Abdurrahman Modeong, di pesantren Miftahul Khoir Desa Buyat, Rabu (26/10).
Selain bertujuan membuka cabang pesantren Tebuireng ke-7, Penandatanganan MoU tersebut juga dilaksanakan untuk pengembangan dan peningkatan kualitas lembaga pendidikan pesantren, pengembangan kualitas guru dan pembina pesantren, “Dengan ditandatanganinya MoU antara Tebuireng Jombang yang menjadikan ponpes Miftahul Khoir Desa Buyat sebagai cabang yang ke-7 Ponpes Tebuireng akan memotivasi dan mendorong kita semua terutama para orang tua untuk tidak melihat sebelah mata lagi pesantren,” kata Bupati mengawali sambutannya.
Setelah memberikan bantuan kurang lebih sebesar 200 juta rupiah beberapa waktu lalu, pada kesempatan tersebut bupati juga menyampaikan rencananya untuk menganggarkan kurang lebih 1 sampai 2 milyar pada tahun 2017 untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur Ponpes. “Bantuan akan diberikan dalam bentuk kebutuhan bangunan. Apakah dalam bentuk asrama atau ruang belajar. Nanti yayasan sampaikan permohonan hibah”, ujarnya.
Sementara itu, pengasuh ponpes Tebuireng Jombang KH. Salahuddin Wahid dalam sambutannya menyampaikan harapan agar MoU yang telah ditandatanagi dapat ditindaklanjuti dengan sesatu yang nyata dalam implementasinya. Adik kandung mantan Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gusdur tersebut juga mengatakan akan memberikan bantuan dalam beberapa aspek diantaranya tenaga pengajar dan kurikulum materi keagamaan. “Kami akan mengirim ustadz atau bila dibutuhkan ustadza, sebagai tenaga pengajar dengan ikatan dinas. Kami punya 13 Ma’had aly (perguruan tinggi keagamaan berbasis pesantren) yang baru diresmikan menteri agama”, terang Gus Sholah sapaan akrabnya.
Kegiatan yang dirangkaikan dengan penandatangan piagam kerjasama antara Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Dr. Hj. Rukmina Simbala dengan Bupati Sehan Landjar Selaku Pemerintah dalam hal pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat tampak dihadiri Sekretaris Daerah Ir. Hi. Muhammad Assagaf, sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Boltim, Kepala Kemenag Boltim, unsur forkopomda serta masyarakat Buyat bersatu.
Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.