Potensi Wisata Pantai Bubuan Boltim

0
662
pantai bubuan

TNews, BOLTIM – Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur kaya akan potensi wisata. Banyak destinasi wisata yang bisa dikelola sehingga akan menghasilkan pendapatan untuk daerah. Salah satunya adalah pantai Bubuan, yang terletak di desa Buyat Tengah.

Bahkan, saat ini Pemerintah Desa (Pemdes) Buyat Tengah, Kecamatan Kotabunan, terus menggenjot pembangunan destinasi wisata Bubuan.

Kepala Desa Buyat Tengah Irwan Paputungan mengatakan, pihaknya akan memprioritaskan pembangunan destinasi wisata di wilayahnya.

Menurutnya, tempat wisata tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. “saya yakin dengan adanya pembangunan tempat wisata oleh Pemdes ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar lokasi wisata,” ucapnya.

Lanjutnya, terkait penataan tempat wisata dirinya akan membuat master plan agar penataan lebih terarah. “Untuk penataan tempat wisata Bubuan, rencananya kami akan mencari orang untuk membuat Master Plan biar penataan lebih terarah,” ucapnya.

Menurutnya, tahun ini akan mulai menta jalan disekitar lokasi wisata. “Tahun ini yang akan kami tata yaitu jalan. Kami akan buat mengelilingi tanjung Bobakan, biar pengunjung yang ingin memancing bisa melewati jalan itu. Selain itu kami akan membangun 5 unit kantin agar masyarakat bisa berjualan di lokasi wisata Bubuan,” ungkapnya.

Lanjutnya, motivasinya untuk membangun tempat wisata Bubuan, karena terinspirasi dengan Kepala Desa Atoga Timur yang telah berhasil membuat tempat wisata dan sudah dikenal masyarakat luas. “Saya terinspirasi dengan Sangadi Kano, karena dia sudah sukses dalam dunia pariwisata. Makanya setiap rapat saya sering mencari Sangadi Kano, untuk bertukar pikiran. Dari situ pikiran saya terbuka. Kalau kami bangun wisata Bubuan dan Bumdes yang kelola, otomatis PAD akan meningkat,” tuturnya.

Ia menambahkan, tahun depan jika ada anggaran masuk, pihaknya akan membangun jalan setapak mengelilingi lokasi tempat wisata. “Itu akan difungsikan bagi masyarakat yang suka berolaraga pagi, bisa di tempat itu. Saya buka luas-luas apa yang bisa dikembangkan di desa, sebab jika saya sudah tidak lagi menjabat sebagai Sangadi, sudah ada bukti apa yang saya bangun di desa,” ucapnya.

 

 Tim Totabuan News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.