Promosikan Wisata di Boltim, Aplikasi Si-Dewi Siap Membantu

0
21
Aplikasi SI-DEWI, untuk promosikan potensi Wisata di Boltim

TNews, Boltim – Untuk mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) diciptakan Aplikasi Sistem Informasi Destinasi Wisata (Si-DEWI) .

Dimana Aplikasi SI-DEWI, diciptakan oleh dua orang anak muda asal Boltim, yakni Iswanto Mahmud warga Desa Tutuyan III dan Andre Paputungan warga Desa Kotabunan Selatan.

Menurut salah satu pencipta Aplikasi tersebut, Iswanto mengatakan, ide ini berawal dari keinginannya melihat pembangunan daerah dengan memanfaatkan pelayanan yang berbasis teknologi.

“Bolaang Mongondow Timur adalah kabupaten yang sudah siap masuk dalam kategori E-Government, namun untuk mewujudkan itu perlu adanya kerjasama dari pemerintah dan putra putri daerah untuk dapat berkolaborasi dalam menghadirkan inovasi-inovasi yang dapat bermanfaat untuk masyarakat khususnya para wisatawan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, bahwa Boltim merupakan daerah yang dikenal dengan “Surga Seribu Danau”, oleh karena itu dengan aplikasi tersebut para wisatawan dapat memperoleh informasi tentang tempat pariwisata yang ada di Boltim.

“Dengan adanya sistem informasi edukasi pengenalan budaya dan tempat wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur berbasis android dan iPhone Operating System (IOS), diharapkan dapat mempermudah wisatawan untuk mendapatkan edukasi dan informasi yang lengkap dan jelas,” terangnya.

Iswanto juga menambahkan, aplikasi Si-DEWI ini membutuhkan waktu kurang lebih enam bulan untuk menyelesaikan rancangan aplikasi wisata berbasis android.

“Dengan menghabiskan waktu berbulan-bulan dalam perancangan aplikasi ini tentu tidaklah mudah. Saya sebagai pihak developer aplikasi ini tetap memperhatikan dari segi performance dan kestabilan sistem yang dihasilkan dan sudah melewati beberapa kali tahap pengujian aplikasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Andre Paputungan mengatakan, aplikasi Si-DEWI ini mempunyai tujuan utama sebagai langkah transformasi digital yang berfokus pada publikasi dan pengembangan sumber daya alam serta pelestarian tempat wisata yang mempunyai potensi besar untuk meningkatkan ekonomi daerah.

“Fitur-fitur yang dihadirkan dalam aplikasi Si-DEWI ini selain publikasi tempat wisata juga sebagai pemandu wisata bagi para wisatawan dari luar daerah maupun wisatawan asing, karena sudah dilengkapi dengan sistem navigasi lokasi wisata. Fitur edukasi seperti pengenalan bahasa daerah, seni tradisional, tarian daerah, alat musik daerah serta makanan tradisional,” tutupnya.***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.