Raih Nilai Memuaskan, Sam Sachrul Mamonto Lulus Ujian Disertasi Doktor di Unhas Makassar

0
38
Bupati Bolaang Mongondow Timur, DR (c) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si, saat mengikuti ujian disertasi proposal penelitian yang di laksanakan di Ruang pertemuan Universitas Hasanudin Makassar Jumat (8/9).

TNews, BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur, DR (c) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si, (SSM) akhirnya lulus dengan angka sangat memuaskan yakni 9,82 (A) pada ujian disertasi proposal penelitian yang di laksanakan di Ruang pertemuan Universitas Hasanudin Makassar Jumat (8/9).

Dalam disertasi yang berjudul “Politik Pariwisata dan Simtom Konflik Kepentingan”  Mamonto benar-benar di Kuliti oleh guru-guru besar Unhas untuk menggali isi dari disertasi yang di usulkan.

Selama Ujian proposal yang berlangsung hampir 3 jam tersebut, SSM mampu memberikan argumen ilmiah dan meyakinkan para dosen penguji tentang metode dan objek penelitan serta teori-teori yang di gunakan sebagai pijakan kerangka penelitian.

Adapun tiga penguji yakni, Prof. Dr. Armin Arsyad, M.Si, Drs. H. Andi Yakub, M.Si., Ph.D, dan Dr. Muhammad Saad, M.A, mengatakan pengajuan judul disertasi Politik Pariwisata yang merupakan suatu disertasi yang menarik untuk diteliti.

“Jika penelitian ini berhasil, maka Boltim bisa menjadi rujukan tentang politik pariwisata. Bahwa disertasi ini adalah sesuatu yang baru tentang masalah pariwisata yang belum pernah diteliti sebelumnya,” ujar prof Armin

Senada dengan Prof Armin,  kandidat DR. Gustiana A. Kambo, S.IP., M.Si, ketua Prodi ilmu politik Unhas yang juga promotor penelitian. Mengatakan hal yang sama.  “Setelah mempresentasikan proposal penelitian dihadapan penguji dan promotor dan menanggapi semua pertanyaan, maka dari 8 kategori penilaian, kami promotor dan penguji memberikan nilai A,” ujar Prof. DR. Muhammad, SIP, M.Si, koordinator promotor penelitian yang juga mantan ketua Bawaslu RI dan DKPP RI.

SSM mengemukakan judul disertasi mengenai Politik Pariwisata agar bisa memecahkan permasalahan tentang sektor pariwisata di Boltim.

“Dalam penelitian ini, harus ada keberanian untuk membuat keputusan untuk memecahkan masalah. Ini disertasi yang sangat berbeda yang biasanya karena ada konflik kepentingan. Ada banyak problem termasuk problem mikro tentang pariwisata yang harus dipecahkan, sehingga menghasilkan yang terbaik tentang keputusan pemerintah. Dengan penelitian ini ada sebuah kebanggaan di daerah jika penelitian ini berhasil dilaksanakan,” ujar SSM menjelaskan disertasi dihadapan penguji dan promotor.

Seperti diketahui, sangat banyak potensi pariwisata di Boltim, sehingga pemilihan judul disertasi mantan ketua DPRD Boltim ini merupakan bukti keseriusan Bupati dalam mengangkat dan memajukan sektor Pariwisata Boltim termasuk pariwisata lokal yang mencakup Desa Wisata di Boltim.

Untuk diketahui dalam disertasi, yang menjadi promotor dan penguji antara lain: Prof. Dr. Muhammad, S.IP., M.Si. (Promotor), Dr. Gustiana A. Kambo, S.IP., M.Si. (Ko-Promotor I), Dr. Magdalena Wullur, S.E., M.M. (Ko-Promotor II) dan Prof. Dr. Armin Arsyad, M.Si., Drs. H. Andi Yakub, M.Si., Ph.D., dan Dr. Muhammad Saad, M.A. sebagai penguji.

Hadir dalam presentasi di Unhas tersebut yakni Ketua TP-PKK, Seska Ervina Budiman, S.Sos, Sekda DR. Sonny Warokka, Para asisten dan staf ahli Bupati, pejabat terkait dan beberapa undangan guru besar dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar. (**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.