Satu Tahun Bawaslu Boltim Mengawasi

0
10
TNews, BOLTIM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur sudah menginjakkan usianya yang ke-01 tepat pada hari ini, kamis (15/8. Momentum satu tahun sejak menjadi lembaga permanen yang awalnya masih adhock, Bawaslu Boltim mengharapkan bisa bekerja maksimal dalam melaksanakan tugasnya, mengawasi dari Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 hingga memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.
Ketua Bawaslu Boltim Harmoko Mando S.Hut mengatakan, usia ke-01 ini merupakan perjalanan Bawaslu sejak menjadi lembaga permanen pada tahun 2018 15 Agustus lalu. Ia berharap di ulang tahun bisa memberikan semangat bagi lembaga serta jajaran pengawas pemilu. “Bagaimana mengawasi pemilu 2019 dan Pilkada 2020, dengan maksimal,” ujar Harmoko.
Sementara itu, Pimpinan Bawaslu Boltim Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Susanto Mamonto mengatakan, satu tahun Bawaslu Boltim, apabila diukur pasca Pemilu 2019 biasanya menjadi titik lompatan, serta pengalaman dalam menjelang tahapan Pilkada 2020 untuk lebih memaksimalkan kerja-kerja lembaga pengawasan.  “Saya yakin memasuki tahapan pilkada 2020 bawaslu akan lebih maksimal serta mempersiapkan pijakan yang kuat,” kata Susanto.
Adapun pijakan yang sudah disiapkan oleh Bawaslu itu adalah regulasi, karena regulasi yang diberikan pada Bawaslu sekarang begitu kuat. Hal ini juga  Bawaslu akan merekrut jajaran adhock sampai dengan tingkat paling bawah guna memaksimalkan pengawasan.
Hal yang sama dikatakan Pimpinan Bawaslu Boltim Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Hariyanto SE, dikatakannya, Semoga Bawaslu, Partai Politik maupun masyarakat bisa lebih bersinergi dengan Bawaslu Boltim, dalam pelaksanan agenda Pilkada 2020 kedepan, sehingga proses penegakan keadilan pemilu dalam kerangka demokrasi dapat terwujud dengan baik.
“Dalam momen satu tahun kinerja Bawaslu Boltim akan menjadi perhatian serius pasca Pemilu 2019 dan memasuki tahapan Pilkada Boltim tahun 2020 nanti, saya berharap Bawaslu, Parpol dan masyarakat harus lebih bersinergi dalam mensukseskan Pilkada 2020 di Boltim nanti hal ini untuk mewujudkan suksesnya demokrasi dengan baik, ditanah totabuan ujung timur” Kata Hariyanto.(*)
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.