Sejumlah BPD Boltim Terpilih Batal Dilantik

0
277

TNews, BOLTIM – Sebanyak 114 anggota Badan Permusyawaratan Desa terpilih dari hasil seleksi di 24 Desa se-Kabupaten Bolaang Mongondow Timur telah dilantik Bupati Boltim, Sehan Landjar, SH,. Jumat (10/01) lalu.

Selain anggota BPD, Bupati dua periode juga melantik tiga Sangadi terpilih yakni Sangadi Desa Mooat, Desa Jiko Utara dan Desa Molobog Timur, dari hasil pemilihan antar waktu maupun penjabat sangadi. “Iya benar ada tiga sangadi dan 114 BPD yang dilantik hari ini, namun yang berhalangan hadir batal dilantik,” ujar Ikhlas Pasambuna, Kepala Bagian Tata Pemerintahan.

Kata dia, Sangadi yang dilantik yaitu Sangadi Desa Mooat Darwin Mamonto menggantikan almarhum Rovi Pangaila, sangadi Jiko Utara Jahya Jacobs menggantikan almarhum Max Tampone, dan penjabat sangadi desa Molobog Timur, Sandra Dewi Tololiu, S.Pd. “Untuk Desa Molobog Timur adalah desa ke 81 pemekaran desa dari Desa Molobog, sangadi ditunjuk langsung,” kata Pasambuna yang juga mantan Sekretaris Kecamatan Kotabunan.

Bupati Boltim Sehan Landjar disela-sela pemanggilan nama anggota BPD yang akan dilantik, ada sejumlah BPD yang tidak hadir, sehingga dirinya menegaskan, anggota BPD yang tidah hadir pada saat pelantikan secara otomatis batal untuk dilantik. “Yang tidak hadir, jangan lantik, ganti saja mereka yang tidak hadir pada pelantikan ini,” tegas orang nomor satu di Boltim ini.

Usai melantik anggota BPD, Sehan Landjar menyampaikan sambutannya dimana sesuai amanat UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, bahwa Kepala Desa dan BPD adalah pelaksana Pemerintahan di Desa. Sangadi dan BPD sama seperti bupati dan DPRD kabupaten, sehingga dalam tahapan perencanaan program dan kegiatan di desa yang terlibat secara partisipatif kedua lembaga tersebut. “Hilangkan mindset (pola pikir) lama dimana semua urusan pemerintahan di desa adalah tugas sangadi, dan BPD tinggal menanda tangani laporan pertanggung jawaban,” kata eyang sapaan sehan landjar.

Diakhir sambutan sehan mengingatkan kepada seluruh anggota BPD harus mengetahui jumlah APBDes dan program kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai prioritas berdasarkan kebutuhan masyarakat, mengawasi sangadi pada pelaksanaan pemerintahan, namun tidak mencari-cari kesalahan. Turut hadir pada acara tersebut adalah wakil bupati, Drs. Rusdi Gumalangit, Kapolres Boltim AKBP. Irham Khalid, SIK., Sekda, para asisten, kepala OPD, sangadi dan keluarga dari yang lantik.

 

Sumber : beritamanado.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.