Semarak Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 H, Remaja Masjid Inaton dan Karang Taruna Ibontang Bongkudai Barat Gelar Pawai Obor

0
89
Gambar : Semarak Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 H, Remaja Masjid Inaton Bekerjasama Karang Taruna Ibontang Bongkudai Barat Gelar Pawai Obor dan Doa Syukuran Desa (19/7/2023).

TNews, BOLTIM – Semarak Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah 19 Juli 2023 M digelar meriah oleh remaja masjid Desa Inaton dan Karang Taruna Ibontang Desa Bongkudai Barat dengan tema “Sinergi : Merawat Spirit Soliditas dan Solidaritas, Nahnu Laisa Minhum”.

Kemeriaan perayaan hari besar Islam diselenggarakan dengan giat pawai obor dan mintahang lippu (Doa syukuran desa) yang harapannya adalah di tahun baru Islam ini bertabur keberkahan, hidayah, dan berkat berlimpah kepada masyarakat setempat.

Hal ini sebagaimana terkonfirmasi oleh media TNews kepada Remaja Masjid Inaton pada 19/07/223. Perayaan 1 muharram 1945 di selenggarakan untuk memupuk semangat persatuan antar sesama masyarakat Desa Inaton dan Desa Bongkudai Barat serta untuk memetik keberkahan.

“Untuk memperoleh keberkahan, maka kami bergandengan tangan menjamin dan merawat silaturahmi di tahun baru Islam ini,” sampai Hariyadi Pomuri, ketua remaja Masjid Desa Inaton.

Dia menjelaskan, pawai obor, dan mintahang lippu memiliki filosofi dan maksud tersendiri.

“Api obor dimaksudkan sebagai media membakar dan menghanguskan segala bentuk kekhilafan dan kesalahan di tahun sebelumnya, kemudian mintahan merupakan upaya memohon kepada sang pemilik semesta agar kedepannya masyarakat memperoleh hidayah dan keberkahan yang berlimpah,” jelasnya.

Senada disampaikan Adriansyah Lapadengan ketua karang taruna Ibontang Desa Bongkudai Barat, praktis dengan bersinergi maka silaturahmi antar sesama akan terjaga.

“Tidak ada yang paling arif selain tetap merawat dan membangun tali persaudaraan,” tuturnya.

Sementara itu, Hasmi Tololiu Sangadi Desa Bongkudai Barat dalam sambutannya menyampaikan dukungan dan mengapresiasi kegiatan yang digelar.

“Kami sebagai pemerintah desa mendukung dan mensupport kegiataan yang positif ini apalagi menyangkut hari besar agama seperti ini. Karena kegiatan positif ini mendidik anak-anak kita mendekatkan diri kepada allah SWT,” tutupnya.

Diketahui kegiatan ini didukung oleh, Cabang GP Ansor Kabupaten Boltim, Fatayat Kecamatan Modayag Barat, Iqomah Nusantara Cabang Kabupaten, dan dibantu Bhabinkamtibmas Polsek Modayag.*

Reporter : Konni

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.