Sudah Saatnya Pejabat Boltim Dievaluasi

0
146
Sudah Saatnya Pejabat Boltim Dievaluasi
Hendra Damopolii
TOTABUANEWS, BOLTIM – Isu rolling jabatan di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), khususnya di jajaran Esselon Dua, hingga kini belum tecapai, hal ini yang menimbulkan Program Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Boltim menjadi Stagnan.
Sebagaimana dikatakan Tokoh Pemuda Boltim Hendra Damopolii, di mana menurutnya kondisi pemerintahan di Boltim sudah saatnya dilakukan Regenerasi. Sebab menurutnya program pemerintahan tidak akan berjalan mulus ketika tidak ada inovasi baru yang muncul. “Kondisi Birokrasi Boltim perlu disehatkan, agar supaya Program Visi dan Misi Bupati bisa berjalan lancar,” kata Mantan ketua BKPRMI Boltim itu.
Ia menjelaskan, hingga saat ini banyak Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tidak ada program terobosan untuk menunjang kemajuan daerah. “sejak Bupati Boltim dan Wakil Bupati dilantik, kinerja SKPD sudah banyak yang Stagnan, sehingga sudah waktunya untuk dilakukan Rolling serta memberikan kesempatan kepada Putra Daerah,” tambahnya.
Ia menambahkan jika Putra Daerah diberikan kesempatan yang sama, dipastikan mereka akan merasa memiliki rasa tanggung jawab yang besar. “Putra daerah memiliki rasa tanggung jawab yang besar serta menginginkan kemajuan daerah, sehingga perlu diberikan kesempatan kepada mereka,” jelas mantan Ketua KPUD Boltim itu.
Pernyataan tersebut pun ditanggapi positif oleh salah satu Pejabat di lingkungan Pemerintahan Boltim. Ia menilai, jika salah satu jabatan kepala satuan kerja dijabat dengan durasi yang lama, bisa jadi akan menimbulkan kevakuman program, tidak ada kemajuan, sebab tidak ada inovasi baru, sebagaimana yang selalu disampaikan Bupati Boltim Sehan landjar, setiap Kepala SKPD harus memiliki Inovasi untuk kemajuan daerah selain Program visi dan misi PEMERINTAH. “Maksimal dua atau tiga tahun Jabatan SKPD harus diregenerasi, agar supaya semua Putra daerah bisa mendapat Posisi yang sama dengan berbagai Inovasi baru, karena kalau sudah terlalu lama. Dikhawatirkan bukan program lagi yang diprioritaskan, melainkan kebutuhan karena sudah jadi tempat pencaharian,” ujar salah satu Pejabat Boltim yang meminta namanya tidak dipublish.
Terpisah kepala DPPKAD Boltim Oscar Manoppo ketika dikonfirmasi, mengatakan jika pihaknya siap kapan saja jika akan dilakukan rolling, menurutnya jabatan yang diembanya saat ini tidak lain hanya sebagai titipan. Ia pun menilai jika dirinya sudah terlalu lama menjadi Kepala DPPKAD, sehingga ia berharap akan segera dilakukan Rolling agar ada regenerasi. “Saya menyadari sudah cukup lama di DPKKAD, sehingga perlu adanya regenerasi untuk menduduki jabatan ini, agar supaya kedepan nanti akan lahir para Pejabat yang mampu mengawal pengelolaan keuangan di Daerah, saya juga sudah capek, 16 Tahun menjadi pengelolah keuangan,” singkat Oscar Manoppo.
Diketahui saat ini ada beberapa SKPD yang dijabat sudah sekitar Tiga sampai empat tahun, diantaranya BAPEDA, DPPKAD, INSPEKTORAT, BKD, DINAS PENDIDIKAN serta sejumlah instansi lain.
Peliput : Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.