Tanamkan Integritas, Wardoyo Elias Turun Lapangan

0
116
Gambar : Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dalam pelaksanaan tahapan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 perkuat integritas badan ad hoc sebagai upaya mewujudkan pemilu berintegritas, (13/9/2023).

TNews, BOLTIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dalam pelaksanaan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024 perkuat integritas badan ad hoc sebagai upaya mewujudkan pemilu berintegritas.

Hal ini sebagaimana terpantau oleh media saat salah satu komisioner KPU Kabupaten Boltim, yakni Wardoyo Elias melakukan monitoring dengan tema Rabu Bacirita yang dilaksanakan di Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mooat pada rabu, (13/09/2023) kemarin.

Dalam isi sambutannya, Wardoyo Elias yang berlatar belakang aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Manado itu menegaskan pentingnya moralitas dan kejujuran setiap insan penyelenggara sebagai sebuah karakter individu dalam menunjang kinerja demi menciptakan Pemilu Tahun 2024 yang terukur berdasarkan peraturan yang berlaku.

“Manifestasi dari pemilu sesuai ekspektasi adalah tumbuh dan kuatnya integritas dan kredibilitas sahabat penyelenggara di setiap tingkatan,” sebutnya.

Wardoyo Elias menambahkan, sub hukum penyelenggaraan pemilu yakni Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum yang ditopang dengan penjabaran pelaksanaannya yang dituangkan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), Putusan KPU, serta Surat Edaran.

“Terdapat rel yang menjadi aturan pemilu dan perlu kita ikuti, kanalnya jelas, jangan sampai kita pelintir apalagi keluar dari jalur aturan yang ditentukan itu,” tambahnya.

Selain itu, dirinya pun menjelaskan secara detail progres pelaksanaan tahapan pemilu yang sedang bergulir.

“Kita jangan hanya terkunci pada pengetahuan tentang data pemilih, kita juga perlu mengetahui alur tahapan pemilu, dan saat ini tahapan pemilu selain Data Pemilih Tambahan (DPTB) yang sedang kita geluti, di tingkat kabupaten juga sedang dilaksanakan tahapan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) dan sedang menunggu jadwal penyusunan Daftar Calon Tetap (DCT),” urainya.

Wardoyo Elias juga mengajak kepada semua penyelenggara di tingkat kecamatan hingga desa agar dapat membumikan pentingnya hak pilih.

“Penting juga kiranya kita menyampaikan kepada khalayak bahwa hari H Pemilihan Umum jatuh pada tanggal 14 februari tahun 2024, maka siapkan dan jangan sia-siakan hak pilih kita,” tutupnya.*

Reporter : Muklas Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.