Tumpukan Sampah di Jalan Motongkat-Dodap, Ini Kata Kepala BLH Boltim

0
87
Tumpukan Sampah di Jalan Motongkat-Dodap, Ini Kata Kepala BLH Boltim
TOTABUANEWS, BOLTIM – Sejumlah titik TPS (Tempat Pembuangan Sampah) liar terlihat mulai menumpuk di ruas jalan dalam daerah Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Pemandangan tersebut tentu membuat kondisi jalanan ke Ibukota Kabupaten Boltim, kian tak sedap terlihat. Apalagi bau yang dihasilkan sampah tersebut, kian menyengat hingga membuat warga yang kebetulan berlalu lalang di sekitaran tumpukan sampah tersebut, terpaksa menutup hidung.
Di beberapa titik lokasi tumpukan sampah, sampah terlihat kian meninggi. Bahkan beberapa diantaranya terlihat berhamburan di tengah jalan karena dibiarkan menumpuk begitu saja.
Di beberapa titik salah satu TPS Seperti yang terlihat di jalan antara desa Motongkad – Dodap, tumpukan sampah yang berasal dari sampah rumah tangga, mulai terlihat menggunung, dan mengluarkan aroma tidak sedap.
Menurut sejumlah warga sampah sampah tersebut akan tetap begitu bahkan akan meningkat. pasalnya, tidak ada penanganan dari instansi terkait, “tidak ada petugas kebersihan dari Dinas terkait, apalagi tempat pembuangan akhir (TPA) tidak tahu dimana tempatnya, makanya numpuk,” ungkap kiki salah seorang warga.
Menanggapi hal itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Boltim Priymos SH MM saat dikonfirmasi mengatakan, itu bukan wewenang nya, “Itu bukan wewenang saya, kewenangan itu ada di Dinas PU tidak mungkin kalau saya yang mengangkat sampah sampah itu sementara bukan tupoksi saya,” ujar prymos.
Menurutnya kalau soal tempat pembuangan sampah, itu tidak masalah, “Banyak teknik yang kita bisa pakai yaitu sistim gali tutup, gali lubang tutup lobang,” tambahnya.
Terpisah Kepala Dinas PU Boltim Sjukri Tawil SPd saat dikonfirmasi mengatakan, terkait sampah tersebut, itu sudah dibicarakan dengan Asisten ll Pemkab Boltim, hanya masalahnya Tempat Pembuangan Ahir (TPA) yang menjadi kendala, “Terkait sampah, itu sudah dibicarakan dengan Bapeda, BLH, dan asisten ll, namun sampai sekarang, yang menjadi kendala yaitu lahan yang akan menjadi TPA. Kami juga akan berupaya untuk mencari solusi terkait sampah sampah tersebut,” tutup Tawil.
Peliput : Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.