Wabup Boltim Ikuti Pembekalan Kepemimpinan di Kemendagri

0
59
Wabup Boltim Ikuti Pembekalan Kepemimpinan di Kemendagri

TOTABUANEWS, BOLTIM – Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Drs Rusdi Gumalangit mengikuti Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri, bagi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tahun 2017.

Kegiatan yang berlangsung selama 5 (lima) hari, tanggal 26 April – 30 April 2017, bertempat di BPSDM Kemendagri Jakarta Selatan.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur.

Lewat sambutannya, Menteri menegaskan agar masing-masing Kepala Daerah perlu melakukan pengawasan khusus kepada para ASN-nya. Hal itu  mengingat peran kinerja ASN sangat penting bagi pembangunan daerah.

Menteri mengatakan kepala daerah harus menjadi pemimpin masyarakat, bukan hanya sebagai perangkat birokrasi. Selain itu penting bagi kepala daerah untuk memahami undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil Negara. Di dalamnya disebutkan bahwa presiden adalah pembina tertinggi yang bisa mengangkat atau melengserkan kepala daerah.

“Pada tahun ini masih dalam masa moratorium, sehingga belum dibuka penerimaan calon ASN lewat formasi umum. Namun ada beberapa formasi yang dibuka tahun ini, yaitu jabatan fungsional, peneliti kesehatan, pendidikan dan formasi-formasi yang sesuai dengan kebutuhan Daerah berdasarkan usulan Bupati dan Wakil Bupati guna menunjang optimalisasi pembangunan daerah itu sendiri,” terangnya.

Tidak lupa Menteri berharap agar kegiatan tersebut bisa bermafaat khususnya bagi peserta agar apa yang telah didapat lewat pembekalan tersebut, bisa diterapkan di daerah masing-masing. “Semoga ini bermanfaat untuk peserta khususnya. Sehingga, apa yang sudah diberikan oleh setiap fasilitator, dapat berguna dan bisa diterapkan atau menjadi amanah di Daerah masing-masing,” tutup Menteri.

Disisi lain, Wakil Bupati mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah khususnya Kemendagri dan Kepala BPSDM yang telah melaksanakan agenda kegiatan tersebut.  “Terutama ucapan terima kasih saya sampaikan kepada Gubernur dan Bupati Boltim yang ikut mensupport serta memberikan perintah tugas kepada Saya untuk ikut dalam kegiatan ini,” Kata Wabup.

Menurut Wabup, kegiatan seperti ini sudah menjadi kewajiban untuk diikuti para Bupati maupun Wakil Bupati yang baru saja dilantik pada tahun 2015 silam. “Bagi Saya sendiri selaku Wakil Bupati Boltim, mudah-mudahan dengan dukungan dan Doa masyarakat, dengan bekal materi yang didapat lewat kegiatan ini, Insya Allah bisa diaplikasikan ke daerah Boltim demi pembangunan daerah serta kesejahteraan masyarakat Boltim ke depan,” tandas Wabup.

Peliput: Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.