Warga Miskin di Boltim Dapat Pelatihan Keterampilan Berusaha

0
46
Warga Miskin di Boltim Dapat Pelatihan Keterampilan Berusaha
TOTABUANEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar pelatihan keterampilan bagi keluarga miskin melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) program pemberdayaan fakir miskin, komunitas adat terpencil dan penyandang masalah kesejahteraan sosial, bertempat di BPU Desa Tutuyan II, Selasa (02/08).
Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Bupati Boltim, Sehan Salim Landjar SH, turut dihadiri oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sekretaris Daerah Boltim, Ir. Astony Angmalisang serta sejumlah pimpinan eselon II dan Eselon III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Boltim.
Bupati dalam sambutannya mengatakan, program pemberdayaan masyarakat melalui KUBE dirancang untuk membantu penduduk warga  miskin klaster terbawah berupa pemberian bantuan bersyarat agar mampu mempercepat pencapaian tujuan pembangunan yang didukung KUBE, “Dengan program KUBE ini diharapkan kelompok usaha keluarga miskin dapat memiliki akses yang lebih baik untuk memanfaatkan pelayanan sosial, ketidak berdayaan dan keterasingan sosial yang selama ini melekat pada diri warga miskin,” ujar bupati.
Selanjutnya, Bupati mengingatkan kepada Ketua-Ketua Kelompok untuk bertanggungjawab melaporkan perkembangan usahanya, sebab kedepan usaha-usaha yang dinilai berkembang akan diberi bantuan lebih besar, “Ketua-ketua kelompok harus melaporkan secara continue perkembangan usahanya kepada dinas terkait. Kalau usahanya memiliki tren meningkat, pasti tahun depan akan saya tambah bantuannya sesuai kebutuhan kalian,” kata Bupati.
Diketahui, sebagai upaya penanggulangan kemiskinan melalui pendekatan pemberdayaan bagi Kelompok Usaha Bersama (KUBE), pemerintah kabupaten Boltim memberikan barang bantuan kepada warga miskin sesuai dengan verifikasi dari Dinas Sosial di tahun 2016 ini. Adapun Jumlah kelompok yang diberikan bantuan sebanyak 65 kelompok yang tersebar di 5 Kecamatan, dengan rincian untuk Kecamatan Kotabunan jumlah penerima sebanyak 6 kelompok, kecamatan Tutuyan 15 Kelompok, Kecamatan Nuangan 18 Kelompok, Kecamatan Modayag dan Kecamatan Modayag Barat masing-masing 13 Kelompok. Jenis usaha yang diberikan bantuan mulai dari usaha penjual kue/makanan, penjahit, salon, pengrajin, pertanian serta perbengkelan.
Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.