Bupati Joune Ganda Peringati Hari Raya Waisak Bersama Umat Buddha Minut

0
30
Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, SE terlihat diantara hadirin dalam perayaan Hari Tri Suci Waisak di Minut
Bupati Joune Ganda ketika membacakan sambutannya

Bupati Joune Ganda : Pada perayaan Tri Suci waisak saat ini umat Buddha kembali diajak untuk lebih memahami makna hidup yang sesungguhnya mencapai taraf pencerahan batin tertinggi makna hidup untuk mengajak semua orang berbuat kebajikan dengan lebih peduli kepada sesama umat manusia serta keharmonisan dalam memelihara toleransi sebagai sendi dalam kehidupan antar umat beragama di Minahasa Utara. Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan cahaya kebajikan kecerahan hati dan kejernihan pikiran kepada kita semua untuk melangkah maju menjadi daerah yang hebat berubah maju dan sejahtera

Bupati Jpune Ganda foto bersama Bante Khemmaward pengurus Vihara Arama Kebun Kesadaran Kolongan Minut. Jl Minawanua Desa Kolongan Kecamatan Talawaan

TNews, Minut – PERAYAAN hari raya Umat Buddha dalam memperingati Dharmasanti Tri Suci Waisak ke 2566 BE/2022, Senin (16/05/2022) di Vihara Arama Kebun Kesadaran Kolongan Minut. Jl Minawanua Desa Kolongan Kecamatan Talawaan, dihadiri langsung bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, SE dan jajaran pemerintah kabupaten Minut.

Bupati dalam kesembatan memberikan sambutan, mengungkapkan puji dan syukur di panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena tepat pada hari ini, dapat dipertemukan dalam acara perayaan Tri Suci waisak Tahun 2022 atau 2566 tahun Buddhis, semuanya dalam keadaan baik dan diberkati Tuhan Yang Maha Esa.

Atraksi Barongsai disaksikan bupati Minut

Bupati kemudian mengajak seluruh umat Buddha di Minut dengan momentum Waisak ini, agar dapat meningkatkan kesadaran untuk terus berbuat kebajikan dan kesadaran, sebagai landasan moral dan etika menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih sejahtera, yang merupakan bagian kesadaran akan kebersamaan, Kesetiakawanan dan upaya mengalirkan kebahagiaan bagi sesama untuk memaknai tiga momentum penting Waisak, yaitu Kelahiran orang suci, Pencapaian Kebuddhaan dan meninggalnya Buddha Gautama.

Bupati June Ganda, Ketua DPRD Denny K Lolong dan Sekda Rivino Dondokambey ketika disambut pengurus dan panitia perayaan hari raya Tri Suci Waisak 2022 Minut

“Atas nama pribadi, Keluarga dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara serta masyarakat Minahasa Utara saya, mengucapkan Selamat Memperingati Tri Suci Waisak Tahun 2022 atau 2566 Tahun Buddhis kepada seluruh Umat Buddha di Minahasa Utara dan tetap melangkah di jalan kebaikan, serta mengendalikan diri dari perilaku buruk, dan meningkatkan kepedulian kepada sesama,” kata JG sapaan akrab salah satu pimpinan daerah di tanah Tonsea ini.

Foto Bersama Bupati dan jajaran dengan para umat Buddha Minut

Bupati juga berpesan untuk seluruh umat Buddha di Minut, bahwa dengan peringatan Hari Tri suci Waisak pada saat ini, harus kita gunakan untuk memperkokoh komitmen menghormati makna hakiki kehidupan dalam menjalankan praktik-praktik kebenaran menuju pada keharmonisan dari Dharma atau dhamma sebagai pedoman untuk menunaikan tugas dan kewajiban hidup.

Areal Pelataran Wihara Arama Kebun Kesadaran Kolongan

“Marilah dengan semangat waisak kita tingkatkan kesadaran untuk terus berbuat kebajikan dan kesadaran sebagai landasan moral dan etika menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih sejahtera yang merupakan bagian Kesadaran akan kebersamaan kesetiakawanan dan upaya mengalirkan kebahagiaan bagi sesama untuk memaknai tiga momentum penting waisak, yaitu kelahiran orang suci, pencapaian kebudayaan dan meninggalnya Buddha Gautama,”

Bupati yang terlihat sangat apresiatif ini, kemudian menyebutkan Pemerintah Kabupaten juga memberikan apresiasi dan salut bagi Majelis Umat Buddha dan seluruh umat Budha di Minahasa Utara yang tetap menjaga eksistensi kekompakan, dedikasi, integritas dan sinergitas dalam menopang program pembangunan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.

Atraksi Budaya Menyembut Kedatangan Ketua DPRD Minut Denny K Lolong dan rombongan

“Pada perayaan Tri Suci waisak saat ini umat Buddha kembali diajak untuk lebih memahami makna hidup yang sesungguhnya mencapai taraf pencerahan batin tertinggi makna hidup untuk mengajak semua orang berbuat kebajikan dengan lebih peduli kepada sesama umat manusia serta keharmonisan dalam memelihara toleransi sebagai sendi dalam kehidupan antar umat beragama di Minahasa Utara. Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan cahaya kebajikan kecerahan hati dan kejernihan pikiran kepada kita semua untuk melangkah maju menjadi daerah yang hebat berubah maju dan sejahtera,” tutup bupati.

Penataan Apik lokasi peringatan hari raya Tri Suci Waisak Minut 2022

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Utara Denny K Lolong, S.Sos, Pembina Wihara Arama Kebun Kesadaran Kolongan Bante Khemmaward, Ketua Wihara, dr. Herdy Munayang,MA, Sekda Drs. Rivino Dondokambey dan jajaran pemkab Minut, Kepala Kantor Kementerian Agama Anneke Purukan, S.PAk, MPd, Camat Talawaan dan Ketua TP PKK, Ketua Panitia Dharmasanti Tri Suci Waisak 2022 Enny Unggul, Penjabat Hukum Tua Desa Kolongan Adri Lory Moningka. (Meiyer Tanod)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.