Cegah Covid-19,  Kemenparekraf Sosialisasi Panduan CHSE untuk Pelaku Usaha Wisata Selam

0
185

Tnews, Manado –  2 Oktober 2020 – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar acara sosialisasi panduan protokol kesehatan berbasis CHSE (_Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental Sustainability_) bagi para pelaku usaha wisata selam.

Ricky Yoseph Pesik Staf Khusus Menteri Bidang Digital dan Industri Kreatif, dalam acara sosialisasi yang digelar di Hotel Novotel Manado Golf Resort & Convention Center, Manado, Jumat (2/10/2020), mengatakan, dalam mengaktifkan kembali sektor pariwisata diperlukan persiapan penerapan protokol kesehatan yang baik.

“Untuk itu, Kemenparekraf/Baparekraf berinisiatif menyusun panduan protokol kesehatan berbasis CHSE di masing-masing bidang pariwisata, termasuk usaha wisata selam. Hal ini dilakukan mengingat protokol kesehatan berbasis CHSE memiliki peranan penting untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata, terutama di bidang wisata minat khusus,” kata Ricky.

Selain itu, penerapan protokol kesehatan berbasis Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan (CHSE) merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kepercayaan wisatawan di masa adaptasi kebiasaan baru. “Dengan meningkatnya kepercayaan wisatawan, maka sektor pariwisata bidang wisata minat khusus bisa bangkit kembali,” ujar Ricky.

Ricky berharap melalui panduan ini dapat dijadikan sebagai acuan oleh industri wisata selam dalam menyelenggarakan usaha wisata selam yang sesuai dengan protokol kesehatan berbasis CHSE.

“Sekali lagi yang terpenting dari semuanya dibutuhkan kedisiplinan dari para pelaku usaha wisata selam dan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan,” kata Ricky.

Dalam kegiatan ini hadir pula beberapa narasumber, antara lain Kepala Dinas Parwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulawesi Utara Henry Kaitjily, Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Farianna Prabandari, Tim Penyusun CHSE Usaha Wisata Selam Kemenparekraf Daniel Abimanju Carnadie, dan Tim Penyusun CHSE Usaha Wisata Selam Kemenparekraf Bayu Wardoyo.

PLUR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.