Deklarasi Gabungan Pers Minut di Momentum HPN-ke 28

0
44
Deklarasi Gabungan Pers Minut (GPM) yang dihadiri kabis Kominfo dan Persandian Robby Parengkuan, mewakili Bupati dan Wakil Bupati Minut (Foto : Ist)

TNews, Minut Sulawesi Utara – Dengan berbagai pertimbangan sebagai hasil dari musyawarah tiga poros utama jurnalis peliputan di kabupaten Minahasa Utara yakni Forjubir, JKMU dan AWATA (Tim 16), akhirnya memunculkan komitmen rekonsiliasi dan melebur ke dalam Gabungan Pers Minut (GPM) dan dinyatakan satu-satunya sebagai wadah berkumpul seluruh wartawan yang bertugas melakukan peliputan di wilayah Minut, Rabu 08 Februari 2023 di Kopi Stenga Airmadidi dan siap dideklarasikan.

Dengan memanfaatkan peringatan Hari Pers nasional (HPN) ke-28 tahun 2023, Inisiator GPM bersama seluruh wartawan pos liputan Minut, Kamis (09/02/2023) di rumah makan Dodoku Airmadidi Atas kecamatan Airmadidi, dengan ketua Rizky Pogaga, sekretaris Joel Polotu dan Bendahara Nando Adam.

Dalam pengantar deklarasi Rizky mengatakan, GPM sebagai wadah yang terbentuk ini, sejatinya merupakan hasil pembahasan sejak 2022 dan baru 2023 dapat direalisasikan, setelah tiga kelompok wartawan bisa menyatukan visi dalam menjalin hubungan yang harmonis.

“Dengan dideklarasikan GPM, kami mengharapkan seluruh rekan-rekan dapat menanggalkan ego masing-masing dan bersama mengawal pembangunan di Minahasa Utara untuk tujuan kita bersama. Sudah tidak ada lagi Forjubir, JKMU maupun AWATA, kita semua tergabung dalam GPM yang tentunya memperjuangkan nasib rekan-rekan sesuai dengan kemampuan dan kompetensi masing-masing,” kata Rizky.

Selanjutnya Rizky didampingi 11 Inisiator GPM serta puluhan wartawan biro Minut, mengatakan berdirinya GPM tidak membatasi wartawan di Minut untuk bergabung dengan organisasi pers Nasional, sehingga tidak memiliki resistensi dengan berbagai organisasi pers yang ada. Dan ke depan GPM siap menjembatani kepentingan wartawan dengan Pemkab Minut dengan aturan organisasi yang ditetapkan. “GPM sifatnya lokal dan didirikan semata hanya sebagai wadah berhimpun Pers yang bertugas melakukan  peliputan di Minahasa Utara. Kami mendukung teman-teman yang sudah menjadi anggota dari organisasi pers nasional seperti PWI, AJI, IJTI, IWO dan organisasi lainnya,” tegas Rizky didampingi Joel dan Nando.

Kadis Kominfo Robby Parengkuan yang diundang hadir dalam deklarasi ini mengatakan, dirinya mewakili Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara, Joune J.E Ganda, SE, MAP, MM, MSi dan Kevin W Lotulung, SH, MH, sangat mengapresiasi dengan terbentuknya GP Minut. Bahkan disebutkan GPM benar-benar dapat menjadi wadah yang baik sehingga dapat membangun kemitraan lebih baik, dengan pemerintah kabupaten Minahasa Utara.

“Tentunya hal yang membanggakan ketika dalam monetum Hari Pers Nasional ini, GPM dideklarasikan sebagai  wadah pemersatu wartawan di Minahasa Utara. Diharapkan ke depan kemitraan yang positif sebagai harapan bupati dan wakil bupati, dapat tercipta untuk kebaikan kita bersama. Mengacu tema HPN 2023 yakni Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat, diharapkan semangat ini, dapat menciptakan kekompakan serta profesionalitas wartawan dalam menjalankan tugas, khususnya di kabupaten Minahasa Utara. Pemkab Minut tentunya membutuhkan wartawan untuk mempublikasikan kinerja dan hasil capaian pembangunan dan tentunya dibarengi dengan kemitraan,” tutup Robby.

Deklarasi kemudian dilanjutkan dengan penyalaan lilin serta pemotongan dan pembagian kue peringatan HPN ke-28 Tahun 2023, oleh Kadis Kominfo dan Persandian mewakili bupati Joune Ganda. (Penulis Meiyer Tanod)

Struktur Gabungan Pers Minut (GPM)

Ketua : Rizky Pogaga
Wakil Ketua : Sweidy Pongoh
John Simbuang
Sekretaris : Joel Polotu
Wakil Sekretaris : Meiyer Tanod
Bendahara : Nando Adam
Wakil Bendahara : Vinda M

(Cat :Untuk Posisi Bidang-Bidang dalam Penyusunan)

#EksploreLIKUPANG

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.