Demi Pelayanan Publik, Pemkab Tes Swab Massal Ratusan ASN

0
68
Petugas kesehatan saat melakukan Tes Swab massal kepada sejumlah ASN dan Tenaga Honorer. (Foto: Imran Asiaw/TNews)

TNews, BOLMONG — Demi memaksimalkan pelayanan publik serta upaya untuk terus mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Upaya pencegahan tersebut salah satunya dengan melakukan swab tes Covid-19 secara massal yang diikuti para pejabat diantaranya Sekda Tahlis Gallang, para Asisten, Kepala OPD, dan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN), Kamis (27/08/2020).

Pantauan Totabuan.News, sejak pagi para pejabat dan ribuan ASN mengantri di Pendopo Kantor Bupati, di Lolak.

Sekda Tahlis Gallang merupakan pejabat pertama yang diambil sampel oleh petugas lewat mulut dan hidung kemudian diikuti para pejabat dan ASN.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Erman Paputungan mengatakan, swab massal yang dilakukan pihaknya dilingkup pemkab tersebut sebagai bentuk komitmen untuk memutus penularan virus yang telah meresahkan masyarakat. Terlebih, akhir-akhir ini terdapat sejumlah warga yang terkonfirmasi positif melalui kontak erat resiko tinggi (KERT).

“Pelaksanaan swab massal ini kita bekerjasama dengan tim Satgas Covid Provinsi Sulut, Dinas Kesehatan Provinsi, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Manado,” ungkap Erman.

Dia menjelaskan, swab massal kali ini akan menyasar para ASN hingga tenaga honorer di lingkup pemkab. Kemudian swab kembali dilakukan di seluruh Kantor Kecamatan hingga kelurahan dan desa.

“Swab ini gratis tanpa biaya. Nantiya sampel-sampel yang sudah diambil, akan dibawa ke laboratorium olymerase chain reaction (PCR) di BTKLPP Kelas 1 Manado untuk diperiksa. Selain itu swab ini dilakukan juga untuk mengetahui level kewaspadaan Kabupaten Bolmong terhadap penyebaran Covid-19,” tutupnya.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.