Desa Waleo Gelar Pelatihan Alat Berat

0
65

Marthin Sumampouw : Saya Harap Seluruh Peserta Berhasil Dalam Pelatihan Selama Satu Bulan ini

TNews, Minut Sulawesi Utara – Berfungsi mengembangkan sumberdaya manusia baik diri sendiri maupun orang lain di bidang keahlian penguasaan alat berat khususnya pengoperasian Excavator, pemerintah desa Waleo kecamatan Kema, Selasa (02/05/2023) di Balai desa Waleo, melaksanakan pelatihan Alat Berat yang bersumber dari anggaran dana desa selama satu bulan.


Kegiatan yang dibuka Cama Kema Daniel Kumenaung, SE dan dihadiri Anggota DPRD Minut Edwin Kambey, Kadis Tenaga Kerja Edwin Omboluh, S.Sos, MSi serta Sekretaris Kecamatan, Kabid Tenaga Kerja, Hukum Tua Waleo Marthin Sumampouw serta perangkat, mitra Lembaga Pelatihan Kerja alat berat Maxtech dan peserta pelatihan.
Camat Kema dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan menyampaikan bahwa pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan semacam ini adalah hal yang penting guna meningkatkan kemampuan masyarakat sehingga dapat meningkatkan juga tingkat perekonomian masyarakat.


“Ketika kita melakukan suatu pekerjaan tentunya berharap hasil ataupun imbalan yakni uang untuk itu diharapkan dengan pelatihan ini saudara-saudara sekalian mampu menyerap seluruh informasi maupun praktik yang nantinya diberikan sehingga berguna bagi saudara-saudara ketika bekerja ataupun mampu mengoperasionalkan alat berat khususnya ekskavator,” Camat kemudian membuka kegiatan mengatasnamakan Bupati dan Wakil Bupati Minut Joune Ganda, SE, MAP, MM, MSi dan Kevin W Lotulung, SH, MH.
Anggota DPRD Minut Edwin Kambey dalam pemaparan motivasi mengatakan saat ini seluruh keahlian harus berbasis sertifikasi tidak terkecuali dalam bidang penguasaan alat berat. Dan yang terpenting adalah peningkatan sumber daya manusia yang tentunya dapat diperoleh melalui jenjang formal maupun pelatihan-pelatihan seperti saat ini.


“Peningkatan sumber daya manusia sangat penting dan kegiatan ini tentunya patut mendapat apresiasi,” kata Kambey.
Kadis Naker dan UMKM Edwin Ombuh mengatakan pemerintah kabupaten Minut sangat mendukung kegiatan pelatihan ini dan secara langsung menyebutkan siap membantu peserta pelatihan ketika hendak mencari pekerjaan melalui pengurusan Kartu Pencari Kerja (AK1) secara gratis.
“Peningkatan kapasitas sumber daya manusia sebagai salah satu program JGKWL atau Bupati Joune Ganda dan Kevin Lotulung, sudah tentu harus didukung, bahkan peningkatan kompetensi melalui sertifikasi keahlian adalah bagian dari peningkatan SDM, seperti yang saat ini dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Waleo.
“Dinas Tenaga Kerja dan UMKM tetap mendukung dan siap memfasilitasi pengurusan Kartu Pencari kerja untuk para peserta, ” kata Ombuh.


Peserta sebanyak 18 orang ini difasilitasi dengan setifikat pelatihan dan modul Pengoperasian Alat Berat usai mengikuti pelatihan ini.
Hukum Tua Waleo Marthin Sumampouw mengharapkan dengan pelatihan Alat Berat ini, warga desa yang menjadi peserta dapat menyelesaikan seluruh pelatihan baik materi maupun pelaksanaan praktik, sehingga benar benar dapat diterima oleh pasar kerja. ‘Saya berharap seluruh peserta yang ada saat ini, seluruhnya berhasil dalam pelatihan,” tutup Sumampouw. (Penulis Meiyer Tanod)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.