Disdik Bolmong Gandeng Kejari Kotamobagu Gelar Workshop Sosialisasi Pencegahan Korupsi

0
77
Disdik Bolmong saat menggelar Workshop Sosialisasi Pencegahan Korupsi di Satuan Pendidikan.

TNews, BOLMONG — Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar Workshop Sosialisasi Pencegahan Korupsi di Satuan Pendidikan.

Workshop tersebut dilaksanakan untuk menumbuhkan sikap antikorupsi.

Sosialisasi tersebut menghadirkan para kepala sekolah, operator serta bendahara mulai di tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan Bolmong Renti Mokoginta mengatakan, sosialisasi tersebut dalam rangka memberikan pemahaman pencegahan korupsi terkait pengelolaan keuangan disatuan pendidikan.

Renti menegaskan, kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Kotamobagu ini dalam pengawalan program-program dan anggaran yang dikelolah disetiap sekolah.

Selain itu kata Renti, sosialisasi ini sejalan dengan semangat dan komitmen pemerintah daerah dalam pencegahan korupsi sebagai program penguatan pendidikan karakter (PPK) yang salah satu poinnya adalah integritas.

“Workshop yang dilaksanakan di satuan pendidikan ini, guna lebih menanamkan karakter dan budaya antikorupsi. Hal ini penting dalam memerangi terjadinya penyelewengan uang negara,” kata Renti, Kamis (16/12/2021).

Sementara itu, Kasi Intelejen Kejaksanaan Negeri Kotamobagu Arthur Piri menyampaikan, karakter dan budaya antikorupsi serta mewujudkan tata kelola pendidikan yang bersih dan baik untuk mendukung tumbuh kembangnya integritas yang ideal di lingkungan pendidikan.

Lanjutnya, pihaknya sepakat untuk bersama-sama melakukan langkah-langkah yang diperlukan dalam rangka pencegahan korupsi serta tata kelola pendidikan yang baik dan bersih.

“Kejaksaan selalu terbuka untuk melakukan pendampingan dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan mulai dari tingkat bawa yang ada disatuan pendidikan,” tuturnya.

Selain itu monitoring dan evaluasi penting dilakukan dalam penerapan tata kelola keuangan. Baik melakukan publikasi terhadap kepatuhan.

“Kita mendorong keterbukaan informasi publik dengan menerapkan transparansi data yang dapat diakses masyarakat,” ucap dia.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Bolmong Taufik Jojang menyebut, workshop tersebut dilaksanakan secara bergilir disetiap kecamatan. Mulai dari Kecamaan Lolayan, Passi Timur, Bilalang Dumoga Bersatu.

“Kemudian dilanjutkan ke Kecamatan Lolak, Bolaang, Sang Tombolang, Passi Barat dan Bolaang Timur serta Poigar,” bebernya.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.