Februari, Dinkes Bolmong Lakukan Vaksinasi Covid-19 bagi Tenaga Kesehatan

0
33
Erman Paputungan.

TNews, BOLMONG — Februari mendatang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolmong (Bolmong) akan melakukan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan.

Hal itu dilakukan berdasarkan surat edaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk vaksin Covid-19 yang akan dilakukan diseluruh daerah se-Indonesia dan yang akan didahulukan adalah tenaga kesehatan.

“Untuk Bolaang Mongondow kebagian jatah pelaksanaan vaksinasi Bulan Februari mendatang,” kata Kepala Dinkes Erman Paputungan, Selasa (13/01/2020) saat ditemui di kantornya.

Dia menjelaskan, beberapa daerah menjadi prioritas dan didahulukan, apalagi bagi daerah-daerah yang berbatasan dengan Ibukota Provinsi Sulut, seperti Bitung, Kota Tomohon dan beberapa daerah lainnya.

“Namun, untuk Kabupaten Bolmong belum kebahagian jatah vaksin yang rencananya serentak dilakukan Kamis (14/01/2020) besok. Mana daerah-daerah yang berbatasan dengan Ibukota Provinsi, itu didahulukan, sesuai dengan petunjuk yang baru disampaikan oleh Kemenkes,” tuturnya.

Lenih lanjut kata Erman, jumlah vaksin yang masuk di Dinkes Bolmong pada tahap I triulan II sebanyak 940 vaksin.

“Ini diperuntukan lebih dahulu bagi tenaga kesehatan dan pejabat daerah,” ujarnya.

Untuk itu, dia berharap pelaksanaan vaksin yang akan dilakukan ini khusus Bolmong dapat berjalan dengan lancar dan diterima oleh warga.

“Sosialisasi kita lakukan di masing-masing puskesmas. Langsung kepada masyarakat, agar masyarakat tidak beranggapan buruk tentang vaksin ini,” ucapnya.

Erman menambahkan, vaksinasi yang akan dilakukan tersebut berdasarkan kelompok usia mulai dari 18 tahun hingga 59 tahun. Selanjutnya bagi anak-anak dan orang tua lanjut usia, masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Kemenkes.

“Kemudian, yang memiliki riwayat penyakit berbahaya seperti jantung dan lain sebagainya, termasuk yang sudah mendapatkan vonis positif covid berdasarkan hasil pemeriksanaan, tidak diperbolehkan divaksin,” pungkas Paputungan.

Imran Asiaw

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.