FGD Disparbud Bolmong Sukseskan Dokumen Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah

0
57
Pelaksanaan FGD Disparbud Bolmong.

TNews, BOLMONG — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa (16/11/2021) kemarin menggelar Forum Group Discussion (FGD) Dokumen Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD).

Kegiatan yang digelar di Hotel Kendi’s, Desa Lalow Kecamatan Lolak  tersebut, dihadiri Kepala Disparbud Bolmong selaku panitia Linda Mashoeri bersama jajarannya, tokoh-tokoh adat budaya daerah, staf khusus Kebudayaan Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Dinas Pendidikan Renti Mokoginta, Kadis Pemuda dan Olahraga Aldy Pudul, para Camat dan perwakilan masing-masing desa.

FGD tersebut dibuka langsu Sekda Bolmong Tahlis Gallang mewakili Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow.

Sekda Tahlis dalam sambutannya mengatakan, FGD PPKD merupakan langkah awal yang akan disusun oleh Pemkab Bolmong adalah amanat Undang-undang No 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

“Pemkab Bolmong saat ini ikut menyukseskan program kebudayaan, baik tingkat Kabupaten, Provinsi dan Pusat guna tercapainya Strategi Kebudayaan dan Rencana Induk Pemajuan Kebudayaan yang sudah beberapa tahun ini terus digaungkan oleh Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia,” ungkap Tahlis.

Kerja bersama antara Pemerintah Daerah, para pelaku Budaya, Praktisi, dan stakeholder yang terkait dalam Pemajuan Kebudayaan melalui proses tahapan penyusunan dokumen PPKD ini, menjadi langkah awal yang  baik dalam rangka pelestarian, pemanfaatan dan pengembangan kebudayaan di Kabupaten Bolmong khususnya.

“Kita ketahui bersama bahwa di Kabupaten Bolaang Mongondow saat sekarang hidup berdampingan masyarakat dengan perbedaan Suku, Agama dan Ras, ini menjadi kekayaan kebudayaan yang kita miliki,” tuturnya.

Kedepan kata dia, Pemkab Bolmong akan terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk merancang pembangunan kebudayaan yang didalamnya terdapat pelestarian, pemanfaatan dan pengembangan budaya.

“Kiranya kegiatan FGD ini dapat menghasilkan dokumen PPKD yang valid dan asli milik daerah, demi Pemajuan Kebudayaan Kabupaten Bolaang Mongondow, semoga apa yang kita laksanakan pada hari ini dapat bermanfaat untuk kita serta anak cucu kita di masa yang akan datang,” harap Sekda.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.